Jumat, 14 Juni 2024

Denmark dan AS Sepakati Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen mengatakan bahwa pihaknya dan Amerika Serikat (AS) telah mencapai kesepakatan kerja sama pertahanan, yang akan mengizinkan akses bagi tentara dan alutsista AS untuk beroperasi di Denmark.

Baca Juga: Korut Kembali Luncurkan Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

“Ini berarti tentara dan perlengkapan Amerika dapat ditempatkan secara permanen di tanah Denmark,” kata Frederiksen melansir Reuters, Selasa (19/12).

Ia menjelaskan, perjanjian itu mulai dinegosiasikan antara kedua pihak oleh sejak Februari tahun lalu, dan rencananya akan ditandatangani pada akhir pekan ini. Sementara, kesepakatan itu sendiri akan berlaku selama sepuluh tahun mendatang.

Baca Juga: Salah Identifikasi Sasaran, Israel Tembak Warganya di Gaza

Sebelumnya, AS juga telah menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan dengan Finlandia, yang memberikan akses bagi AS untuk mengerahkan pasukan di negara yang berbatasan dengan Rusia tersebut. Selain itu, Swedia dan Norwegia, yang juga berbatasan dengan Rusia, turut menyepakati kerja sama serupa dengan AS. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER