Sabtu, 25 Mei 2024

Rampungkan Pendidikan Seskoau di Korea Selatan, Perwira TNI AU Raih Medali Academic Exellence

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Mayor Pnb Tri Wanto merupakan perwira menengah TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang baru saja merampungkan pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Sesko AU) di Air University, Korea Selatan.

Pendidikan tersebut ditempuh selama 12 bulan, sejak 2 Januari 2023 hingga penutupan pendidikan (tupdik) pada 8 Desember 2023.

Tri Wanto tidak hanya sekadar lulus, perwira penerbang asal Skadron Udara 7 Lanud Surayadarma ini sekaligus mengharumkan nama baik TNI AU dan Indonesia dengan meraih sertifikat penghargaan serta Medali Academic Excellence atas prestasi akademik yang diraihnya selama mengikuti pendidikan.

Baca Juga: Panglima TNI Rotasi 183 Jabatan Strategis di TNI dari Pangdam Hingga Kapuspen

“Kesuksesan Mayor Pnb Tri Wanto dalam menyelesaikan pendidikan Sesko di Korea tidak hanya mencerminkan kecerdasan individu, tetapi menunjukkan kesungguhan TNI AU dalam menghadapi tantangan global serta mengukuhkan TNI AU siap menghadapi kompleksitas tugas untuk mewujudkan TNI AU yang modern dan disegani di kawasan,” tulis Dispenau dikutip pada Selasa (19/12).

Mayor Pnb Tri Wanto
Mayor Pnb Tri Wanto beserta perwira angkatan udara dari sejumlah negara sahabat yang mengikuti pendidikan Seskoau di Korea Selatan. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Sebelum menempuh pendidikan di Korea Selatan, TNI AU menjelaskan bahwa Mayor Pnb Tri Wanto terlebih dahulu melakukan sejumlah persiapan, salah satunya pendidikan bahasa Korea di Pusat Bahasa Kementerian Pertahanan selama 4 bulan. Setelahnya, pendidikan bahasa Korea dilanjutkan di Korea Defense Language Insitute (KDLI) yang terletak di kota Incheon selama 11 bulan, sejak Februari hingga Desember 2022.

Pendidikan bahasa Korea yang dilaksanakan selama 11 bulan di KDLI merupakan prasyarat bagi perwira siswa mancanegara yang akan mengikuti pendidikan setingkat Lemhanas (Korean National Defense University/KNDU), Sesko Angkatan, dan pendidikan lainnya.

Baca Juga: Gelar Seminar Kedirgantaraan, TNI AU Bahas Optimalisasi Ruang Udara Nasional

Mayor Pnb Tri Wanto kemudian berhasil meraih sertifikat dan medali penghargaan terbaik akademis untuk kelas calon perwira siswa Sesko Angkatan yang diikuti oleh 63 perwira militer dari 24 negara.

Saat ini pendidikan Sesko Angkatan di Korea Selatan sedikit berbeda dengan pendidikan di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, angkatan tahun 2023 merupakan pilot project pemberian materi mengenai ruang angkasa (teknologi, persenjataan, perang masa depan, dan counterspace). Hal ini dilakukan dalam mendukung visi Angkatan Udara Korea Selatan untuk menjadi Air and Space Force pada tahun 2050. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER