Selasa, 5 Maret 2024

Tingkatkan Kerjasama Pertahanan, Singapura dan Cina akan Gelar Latihan Militer

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Angkatan Bersenjata Singapura dan Cina berencana menggelar latihan militer bilateral selama dua minggu mulai tanggal 1 September mendatang. Latihan ini merupakan yang pertama kalinya digelar karena sempat di tunda selama pandemi Covid-19.

Dilansir dari Mindef.gov.sg, laman resmi Kementrian Pertahanan (Kemhan) Singapura, Senin (28/8), Latihan bertajuk ‘Exercise Cooperation’ tahun ini merupakan iterasi yang kelima yang digelar sejak 2009. Nantinya, tentara dari Batalyon Komando 1 dan Divisi 3 Angkatan Darat Singapura, serta Angkatan Darat Cina dari Divisi 74 Southern Theater Command Army (STCA) akan ikut berpartisipasi hingga 14 September.

Baca Juga: Australia dan Filipina Gelar Latihan Bersama di Laut Cina Selatan

Terjalinnya latihan ini merupakan bentuk komitmen hubungan bilateral khususnya di bidang pertahanan yang telah terjalin dalam waktu yang lama. Selain itu, latihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama timbal balik yang mempertahankan stabilitas perdamaian di Kawasan.

“Interaksi ini memungkinkan kedua belah pihak untuk memperkuat hubungan profesional dan memupuk ikatan antar masyarakat, serta meningkatkan rasa saling percaya dan pemahaman antara militer kedua negara,” kata Kemhan Singapura.

Baca Juga: Usai diselidiki, Badan Investigasi Rusia Konfirmasi Kematian Prigozhin

Lebih lanjut, Kemhan Singapura menyebut latihan kali ini akan fokus pada operasi kontra-terorisme perkotaan. Para tentara akan terlibat dalam pertukaran pengalaman dan latihan skenario penyelamatan maupun latihan taktis, seperti rappelling, pertarungan tangan kosong, dan penembakan senjata ringan.

“Selain latihan bilateral dan multilateral, kedua lembaga pertahanan juga berinteraksi secara teratur melalui pertukaran tingkat tinggi, saling kunjungan, kehadiran lintas kursus, pertukaran akademis, dan kunjungan ke pelabuhan,” katanya. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER