Jumat, 19 April 2024

Rusia Peringatkan ‘Konsekuensi Besar’ Jika Jepang Pasok Sistem Pertahanan Udara untuk Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova memperingatkan adanya ‘konsekuensi serius’ terhadap hubungan bilateral dengan Rusia, jika Jepang memasok sistem pertahanan udara Patriot untuk Ukraina.

Dilansir dari Reuters, Kamis (28/12), hubungan Jepang dan Rusia semakin meregang sejak dimulainya ‘operasi khusus’ Rusia di Ukraina pada Februari tahun lalu. Jepang memilih bergabung dengan sekutu Barat dan menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Baca Juga: Ukraina Klaim Hancurkan Kapal Novocherkassk Rusia

Beberapa waktu lalu, otoritas Jepang mengatakan pihaknya akan mempersiapkan pengiriman rudal pertahanan udara Patriot ke Amerika Serikat (AS), yang kemungkinan lanjut dikirim ke Ukraina. Hal itu dilakukan karena aturan ekspor senjata Jepang mencegah pengiriman persenjataaan ke negara yang sedang berperang.

“Jepang kehilangan kendali atas senjata yang kini bisa digunakan Washington untuk melakukan apa pun yang diinginkannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa berdasarkan skema yang telah diuji, rudal Patriot akan mendarat di Ukraina,” kata Zakharova.

Baca Juga: Mesir Rancang Proposal Gencatan Senjata di Gaza

“Itu ditafsirkan sebagai tindakan permusuhan terhadap Rusia dan akan menimbulkan konsekuensi besar bagi Jepang dalam konteks hubungan bilateral,” tambahnya.

Jepang juga berupaya mempererat kerja sama militer dengan Amerika Serikat melalui berbagai latihan gabungan. Tujuannya disebut untuk menjamin stabilitas perdamaian di kawasan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER