Senin, 15 April 2024

Rusia Kembali Hujani Kyiv dengan Drone

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Ibu Kota Ukraina kembali diserbu serangan pesawat nirawak (drone) oleh pasukan Rusia, Senin (19/12). Sekitar 20 drone Shahed terdeteksi di wilayah udara Kyiv dan 15 di antaranya berhasil ditembak jatuh.

Dilansir dari The Guardian, Senin (19/12), otoritas militer Ukraina menghimbau warganya untuk berlindung dan waspada selama peringatan udara berbunyi. Sirene pertama berbunyi sekitar pukul 01.56 waktu setempat, yang berlangsung selama lebih dari tiga jam. Kemudian, sirene kedua berbunyi sekitar pukul 05.24 waktu setempat dan berlangsung selama 30 menit.

“Sistem pertahanan udara sedang bekerja di wilayah tersebut. Tetap di tempat perlindungan dan tempat aman sampai alarm selesai. Jaga dirimu dan orang-orang terkasih,” ujar Gubernur Kota Kyiv Oleksiy Kuleba.

Beberapa ledakan keras terdengar dari drone yang dihalau oleh sistem pertahanan udara maupun drone yang mengenai fasilitas sipil. Menurut pemerintah Ukraina, pasukan Rusia menggunakan drone Shahed buatan Iran. Serangan ini terjadi tiga hari setelah Rusia menghujani Kiev dengan drone serupa namun dengan jumlah yang lebih banyak. Serangkaian serangan seakan tidak akan berhenti sesuai dengan komando Presiden Rusia Vladimir Putin yang ingin merebut wilayah di Ukraina.

Sementara Pasukan Rusia menghujani Kyiv dengan Drone, Putin pergi ke Belarusia untuk mempererat dukungan militer, Senin (19/12). Kunjungannya ke Ibu Kota Minsk untuk berbicara dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menjadi yang pertama sejak 2019. Meskipun begitu, Lukashenko telah lebih dulu berkunjung ke Rusia pada pertengahan tahun ini.

Baca: Mengapa Menyerang Ukraina Berbuah Malapetaka Bagi Rusia?

Kunjugan Putin bertujuan untuk memperkuat dukungan dari negara yang dulunya anggota Uni Soviet. Bahkan, Belarusia menjadi sekutu utama Rusia yang akan mengerahkan bantuan personel untuk menyerang Ukraina. Sejak Rusia menginvasi Ukraina, Moskow dan Minsk membentuk unit pasukan regional gabungan dan telah mengadakan banyak latihan militer. Sebanyak tiga pesawat tempur Rusia dan pesawat peringatan dini serta kontrol udara dikerahkan ke Belarusia pada minggu lalu. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER