Minggu, 16 Juni 2024

Pesawat Tempur F-16 AS Jatuh, Pilot Berhasil Selamat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebuah pesawat tempur F-16 milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) jatuh ketika latihan rutin di laut lepas Korea Selatan (Korsel) pada beberapa waktu lalu. Pilot selamat setelah melontarkan diri sesaat sebelum pesawat itu jatuh.

Dilansir dari AP, Selasa (12/12), Pesawat tempur F-16 lepas landas dari Pangkalan Udara Kunsan yang digunakan bersama oleh Angkatan Udara AS dan Korsel di Gunsan, dan mengalami “keadaan darurat dalam penerbangan” sekitar pukul 08.43 waktu setempat.

Baca Juga: Kapal Fregat Perancis Tembak Jatuh Dua Drone di Laut Merah

Pilot yang tidak disebutkan namanya itu telah diselamatkan dan berada dalam kondisi yang stabil. Otoritas AS juga akan mengevaluasi pilot tersebut untuk mengetahui penyebab dari kecelakaan yang kini masih belum diketahui.

“Kami bersyukur atas pemulihan yang aman dari penerbang kami oleh sekutu Korsel, dan bahwa pilot itu dalam kondisi baik,” kata Kolonel Matthew C. Gaetke, komandan 8th Fighter Wing.

Baca Juga: Konflik Meningkat, Hampir 18.000 Warga Palestina Tewas di Gaza

Sebelumnya, kecelakaan serupa juga menimpa pesawat militer V-22 Osprey milik Angkatan Udara AS di lepas pantai Jepang pada akhir November lalu. Seluruh awak pesawat yang berjumlah delapan orang dinyatakan tewas. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER