Minggu, 26 Mei 2024

Perkuat Kerja Sama Pertahanan, Korsel dan Jerman akan Bentuk Perjanjian Berbagi Informasi Intelijen

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Selatan (Korsel) dan Jerman sepakat mempererat kerja sama pertahanan dan segera membentuk perjanjian untuk berbagi informasi intelijen militer. Rencana itu disepakati ketika Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol bertemu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Seoul pada Minggu (21/5).

Dilansir dari Reuters, Senin (22/5), Yoon dan Scholz memiliki pandangan yang sama terkait kondisi geopolitik. Keduanya menilai pentingnya mendorong industri pertahanan di tengah meningkatnya dinamika keamanan yang disebabkan oleh konflik di Ukraina.

Baca Juga: Jet Tempur F-18 Jatuh Saat Latihan di Spanyol

Sementara itu, ancaman keamanan di wilayah Semenanjung Korea juga semakin besar setelah Korea Utara (Korut) mengintensifkan uji coba rudal yang kini telah menembakkan sekitar 100 rudal sejak awal 2022.

“Penting untuk mempertahankan pesan yang konsisten kepada masyarakat internasional bahwa Korea Utara tidak mendapatkan apa-apa dari provokasi ilegalnya,” kata Yoon.

Tujuan dari perjanjian berbagi dan melindungi informasi intelijen militer ini adalah membantu mempertahankan stabilitas pertahanan.

Baca Juga: Jepang akan Kirim Bantuan Militer ke Ukraina

“Jerman, yang dipersatukan kembali 33 tahun lalu, adalah negara yang memahami dan berempati dengan isu-isu seputar Semenanjung Korea. Kami akan terus bekerja sama secara erat (dalam upaya yang lebih luas) untuk mencapai denuklirisasi Korea Utara,” kata Yoon.

Sebelum pertemuannya dengan Yoon, Scholz mengunjungi sisi selatan dari perbatasan militer memisahkan kedua Korea. Disana ia menyerukan Korut untuk menghentikan aktivitas uji coba rudal dan pengembangan nuklir yang dinilai dapat menganggu perdamaian. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER