Selasa, 25 Juni 2024

Jepang akan Kirim Bantuan Militer ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Jepang memutuskan untuk mengirim bantuan militer ke Ukraina dalam konflik yang semakin sengit dengan Rusia. Rencana itu diputuskan setelah Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di sela-sela KTT G7 2023 di Hiroshima.

Dilansir dari Mofa.go.jp, laman resmi Kementrian Luar Negeri Jepang, Senin (22/5), Kishida berencana untuk memasok 100 kendaraan militer dan 30.000 bantuan makanan ke Ukraina. Selain itu, Jepang juga akan menerima tentara Ukraina yang terluka dan memfasilitasi segala kebutuhan medis yang diperlukan untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Tentara dan Milisi Sudan Sepakat Gencatan Senjata Selama Seminggu

“Jepang akan menyediakan sekitar 100 kendaraan militer dan sekitar 30.000 ransum darurat ke Ukraina. Berdasarkan permintaan dari pihak Ukraina, serta keputusan pemerintah, Jepang akan menerima tentara Ukraina yang terluka di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat untuk pertama kalinya,” tulis Kementrian Luar Negeri Jepang.

Menurutnya, para pemimpin G7 menjadi lebih solid menghadapi tindakan Rusia terhadap Ukraina. Jepang pun akan selalu berkomitmen dalam membantu terciptanya perdamaian, termasuk menjatuhkan sanksi terhadap pemerintahan Putin.

Baca Juga: Jet Tempur F-18 Jatuh Saat Latihan di Spanyol

“Upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan kekerasan tidak dapat diterima dan penting untuk mempertahankan tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum,” ujarnya.

Kishida menambahkan, ancaman nuklir Rusia juga tidak dapat diterima dan sangat membahayakan. Ia mengingatkan dampak kehancuran besar yang disebabkan oleh senjata nuklir pernah terjadi di Hiroshima. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER