Sabtu, 25 Mei 2024

Pererat Dukungan, Ukraina Lakukan Pembicaraan dengan Perancis, Turki dan AS

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperkuat aktivitas diplomatik melalui pembicaraan dengan Presiden Perancis, Turki dan Amerika Serikat untuk membahas komitmen bantuan dalam menghadapi agresi Rusia yang sudah memasuki bulan ke-10, Minggu (11/12).

Zelenskyy berterima kasih kepada para pemimpin negara, khususnya Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden AS Joe Biden, karena telah menunjukkan komitmen dalam berbagai bantuan mendukung Ukraina. Zelenskyy mengatakan bahwa Ukraina terus bekerja sama dengan mitra dan berharap adanya hasil signifikan terkait serangkaian pembicaraan terkait situasi di Ukraina pada pertemuan selanjutnya.

“Saya berbicara dengan Presiden Macron dan ini adalah percakapan cukup panjang yang sangat berarti di bidang Pertahanan, energi dan ekonomi. Kami sedang mengoordinasikan langkah-langkah, mempersiapkan implementasi formula perdamaian. Dukungan Presiden Macron sangat penting bagi kami,” ujar Zelenskyy dilansir President.gov.ua.

Sementara itu, pembicaraan Zelenskyy dengan Erdogan disebut sangat spesifik karena membahas perihal keamanan ekspor gandum. Turki sebagai mediator dalam pembicaraan damai yang juga bekerja sama dengan PBB tentang perjanjian ekspor gandum, telah berhasil membantu Ukraina kembali melakukan ekspor setelah di blokade oleh Rusia selama enam bulan.

“Saya juga berbicara dengan Presiden Turki Erdoğan. Seperti biasa, percakapan yang sangat spesifik tentang sesuatu yang penting tidak hanya untuk Ukraina dan Turki, tetapi juga apa yang benar-benar penting secara global. Kami membahas kemungkinan memperluas koridor ekspor di Laut Hitam. Saya berterima kasih karena telah mendukung prakarsa kemanusiaan Biji-bijian dari Ukraina,” tambah Zelenskyy.

Baca: Jepang, Inggris dan Italia Kerja Sama Rakit Jet Tempur Generasi Baru

Pembicaraan terbaru juga dilakukan dengan Biden perihal dukungan AS yang konsisten terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah Ukraina. Zelenskyy mengucapkan terima kasih kepada Biden atas bantuan pertahanan dan keuangan yang telah diberikan untuk Ukraina. Zelenskyy menekankan pentingnya pertahanan udara yang efektif untuk melindungi penduduk dan fasilitas energi.

“Terima kasih atas bantuan pertahanan dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diberikan oleh AS ke Ukraina. Ini membantu tidak hanya untuk berhasil di medan perang, tetapi juga untuk menjaga stabilitas ekonomi bangsa kita.” tegas Zelenskyy. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER