Jumat, 19 April 2024

Jepang, Inggris dan Italia Kerja Sama Rakit Jet Tempur Generasi Baru

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Jepang, Inggris dan Italia bekerja sama menggabungkan sumber daya mereka dalam proyek menciptakan jet tempur generasi baru. Kolaborasi industri pertahanan ini merupakan yang pertama bagi Jepang di luar Amerika Serikat (AS) sejak Perang Dunia II.

Kesepakatan ini bertujuan untuk mengoperasikan pesawat tempur garis depan dengan teknologi termutakhir pada 2035. Kolaborasi ini dinamakan Global Combat Air Programme (GCAP) yang menggabungkan proyek Future Combat Air System atau dikenal sebagai Tempest yang dipimpin Inggris dengan program F-X Jepang.

“Melalui GCAP, kami akan membangun hubungan pertahanan jangka panjang kami. GCAP akan mempercepat kemampuan militer dan keunggulan teknologi yang canggih. GCAP juga akan memperdalam kerja sama pertahanan, kolaborasi sains dan teknologi, rantai pasokan, dan semakin memperkuat basis industri pertahanan kami,” ujar tiga negara dalam pernyataan bersama dilansir Gov.uk.

Dengan latar belakang invasi Rusia ke Ukraina dan aktivitas militer China di sekitar Jepang, perjanjian tersebut dapat membantu Jepang melawan kekuatan militer yang tumbuh semakin intensif dan memberi Inggris peran keamanan yang lebih besar di wilayah eropa sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi global.

“Kami berkomitmen untuk menegakkan tatanan internasional berbasis aturan, bebas dan terbuka, yang lebih penting dari sebelumnya pada saat prinsip-prinsip ini ditentang dan ancaman serta agresi meningkat,” ujar ketiga negara.

Baca: AU Selandia Baru Terima Unit Perdana P-8A Poseidon

Dilansir dari Kyodo, Sabtu (10/12), Kementrian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa perusahaan utama yang akan bertanggung jawab atas proyek ini adalah Mitsubishi Heavy Industries Jepang, BAE Systems PLC Inggris, dan Leonardo Italia. Nantinya pesawat tempur ini akan menggantikan Jet Eurofighter Typhoon dan melengkapi armada F-35 Lightning. Jet tempur ini akan kompatibel dengan pesawat tempur yang diterbangkan oleh mitra NATO lainnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER