Kamis, 22 Februari 2024

Jelang Musim Dingin, Presiden Ukraina Ungkap Babak Baru Perang dengan Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa perang dengan Rusia memasuki tahap baru karena musim dingin diperkirakan akan mempersulit pergerakan pasukan.

“Kita menghadapi fase perang baru, dan itu fakta. Musim dingin secara keseluruhan adalah fase baru perang,” kata Zelensky melansir AP, Jumat (1/12).

Baca Juga: Pemimpin Korut Perintahkan Militer Tingkatkan Kesiapan Tempur

Selaras dengan babak baru itu, Zelensky mengungkap pihaknya mengantisipasi serangan udara yang meningkat. Seperti tahun lalu, kata Zelensky, Rusia menargetkan infrastruktur listrik, pemanas dan air. Rusia pun menargetkan pelabuhan yang menghambat ekspor biji-bijian.

Zelenky juga mengakui bahwa serangan balasan Ukraina pada pertengahan tahun ini tidak memberikan hasil yang diharapkan. Menurutnya, hal itu disebabkan karena Ukraina tidak mendapat senjata yang semestinya dari sekutu sehingga membuat pasukan darat berada dalam posisi yang tidak menguntungkan.

“Kami kehilangan orang. Kami tidak mendapatkan semua senjata yang kami inginkan, saya tidak bisa puas, tapi saya juga tidak bisa terlalu banyak mengeluh,” katanya.

Baca Juga: Gencatan Senjata Berakhir, Pertempuran Kembali Terjadi di Jalur Gaza

Oleh sebab itu, ia akan meningkatkan produksi senjata dalam negeri Ukraina, sehingga memungkinkan mereka memproduksi senjata sendiri dan tidak bergantung pada pemasok luar.

“Jika produksi kita menjadi kuat, sangat kuat, kita akan sangat bergantung pada diri kita sendiri,” ujarnya. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER