Senin, 27 Mei 2024

Israel-Hamas Sepakati Gencatan Senjata dan Pembebasan Sandera

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Israel dan Hamas sepakat untuk menghentikan pertempuran selama empat hari dan melakukan pertukaran tawanan sebanyak 50 orang yang ditahan di Gaza serta 150 warga Palestina yang ditahan di Israel.

Dilansir dari Reuters, Rabu (22/11), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan 50 perempuan dan anak-anak akan dibebaskan selama empat hari, dan selama itu pula pertempuran akan di jeda. Hamas diyakini menyandera lebih dari 200 orang ketika menyerbu Israel pada 7 Oktober.

“Pemerintah Israel berkomitmen untuk memulangkan semua sandera. Malam ini, mereka menyetujui usulan kesepakatan sebagai tahap pertama untuk mencapai tujuan ini,” katanya.

Baca Juga: Korsel Peringatkan Korut untuk Tidak Luncurkan Satelit Pengintai Militer

Sementara, Hamas mengatakan 50 sandera itu akan dibebaskan dengan imbalan 150 wanita dan anak-anak Palestina yang ditahan di Israel. Kesepakatan gencatan senjata juga akan memungkinkan ratusan truk bantuan kemanusiaan, medis dan bahan bakar memasuki Gaza.

Waktu dimulainya gencatan senjata akan diumumkan dalam 24 jam ke depan. Namun, otoritas Israel yang tidak disebutkan namanya menyebut kesepakatan itu akan diterapkan besok.

Menteri Negara di Kemelu Qatar Mohammed Al-Khulaifi, selaku kepala mediasi gencatan senjata, mengatakan bahwa Komite Palang Merah Internasional akan bertugas di Gaza untuk memfasilitasi pembebasan para sandera. Ia pun menegaskan gencatan senjata itu berarti tidak ada serangan militer yang dilakukan oleh Israel maupun Hamas.

Baca Juga: Korut Klaim Berhasil Luncurkan Satelit Pengintai Militer untuk Pertama Kali

“(Ini) akan menjadi periode intensif di mana kami akan berkomunikasi langsung 24/7 dengan Komite Palang Merah Internasional dan kedua pihak untuk memastikan bahwa kami menyempurnakan pembebasan para sandera,” kata Al-Khulaifi.

“Qatar berharap kesepakatan itu akan menjadi benih bagi kesepakatan yang lebih besar dan gencatan senjata permanen. Dan itulah niat kami,” pungkasnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER