Minggu, 16 Juni 2024

Cina Tolak Klaim AS Tentang Pasok Senjata ke Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Cina mengecam klaim Amerika Serikat (AS) bahwa Pemerintahan Xi Jinping sedang mempertimbangkan untuk mengirim senjata serta amunisi ke Rusia dalam konflik di Ukraina. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin mengatakan bahwa AS lah yang selalu memasok persenjataan ke medan perang.

“AS yang tanpa henti mengirim senjata ke medan perang dan bukan Cina. Kami tidak akan pernah menerima AS menuding hubungan Cina-Rusia,” ujarnya melansir Fmprc.gov.cn, Selasa (21/2).

Lebih lanjut, Wang menegaskan bahwa AS tidak berada di posisi yang mampu membuat tuntutan terkait kemitraan Cina dengan Rusia. Ia merujuk pada kesepakatan untuk membangun kemitraan tanpa batas antara kedua negara yang dicapai beberapa pekan sebelum invasi dimulai. Kemitraan tersebut didasarkan pada prinsip non-blok, non-konfrontasi dan non-penargetan pihak ketiga.

“AS tidak dalam posisi untuk memberi tahu Cina apa yang harus dilakukan. Mengenai masalah Ukraina, posisi Cina bermuara pada mendukung pembicaraan untuk perdamaian,” jelasnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sebelumnya mengatakan bahwa pihak intelijen telah mengamati Cina dan menyimpulkan adanya pertimbangan di kalangan pemerintah untuk memberikan dukungan persenjataan ke Rusia. Ia pun memperingati Cina akan konsekuensi serius yang di timbulkan jika mempersenjatai Rusia.

Baca: Biden Janjikan Bantuan $500 juta Saat Kunjungi Ukraina

Tanggapan tegas Wenbin beriringan dengan rencana Wang Yi, Penasihat Kebijakan Luar Negeri Cina, yang akan melawat ke Moskow pada pekan ini sebagai bagian dari tur Eropanya selama delapan hari. Ia dikabarkan akan mengadakan pembicaraan tentang kemungkinan upaya perdamaian menjelang peringatan satu tahun agresi militer Rusia di Ukraina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER