Kamis, 8 Juni 2023

AS dan Korsel Gelar Latihan Tempur Dekat Perbatasan Korut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) menggelar latihan tempur tembak-menembak terbesar selama enam tahun terakhir pada Kamis (25/5). Latihan itu disebut sebagai wujud pamer postur kekuatan sekaligus simulasi serangan skala penuh terhadap ancaman dari negara tetangga, Korea Utara.

Dilansir dari Yonhap, Jumat (26/5), Kementerian Pertahanan (Kemhan) Korsel menyebut bahwa latihan itu melibatkan lebih dari 2.500 tentara gabungan. Beberapa Howitzer, tank dan jet tempur unjuk kekuatan ketika live firing yang berlangsung selama 130 menit di lapangan militer Seungjin, Pocheon, sekitar 25 km dari perbatasan antar Korea.

Baca Juga: Norwegia Siap Latih Pilot Ukraina Terbangkan F-16

“Latihan itu menunjukkan kemampuan dan kesiapan militer kami untuk menanggapi dengan kuat ancaman nuklir dan rudal Korea Utara dan serangan skala penuh. Kami berkomitmen menjaga perdamaian melalui kemampuan yang luar biasa,” tulis Kemhan Korsel.

Kemhan Korsel menjelaskan, latma itu bertepatan memperingati berdirinya Angkatan Bersenjata Korsel yang ke-75 tahun. Selain itu, latihan ini merupakan iterasi pertama dari serangkaian agenda yang akan dilakukan berturut-turut hingga pertengahan Juni mendatang.

Baca Juga: Komandan Wagner Sebut 20.000 Tentara Rusia Tewas di Bakhmut

Angkatan Laut AS telah aktif mempertahankan kehadirannya di kawasan Semenanjung Korea untuk membantu menjaga perdamaian dan keamanan dengan Korsel. Dalam beberapa bulan terakhir, kedua negara telah melakukan berbagai latihan udara maupum maritim yang melibatkan pembom B-1B AS. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER