Sabtu, 25 Mei 2024

Presiden Korut Kunjungi Rusia dengan Kereta, Diduga untuk Bahas Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un telah meninggalkan Pyongyang untuk menuju Rusia dengan kereta pribadinya pada beberapa waktu lalu. Keberangkatannya telah diprediksi otoritas Amerika Serikat (AS), yang diduga bertujuan untuk membahas penjualan senjata ke Rusia.

Dilansir dari KCNA, laman media resmi pemerintah Korut, Selasa (12/9), dari foto-foto yang diunggah menunjukkan Paspampres beserta jajaran pejabat mengenakan jas berwarna gelap dan gaun warna-warni. Mereka nampak melambaikan bunga hingga bendera saat Kim menaiki kereta berwarna hijau tua, yang diyakini berlapis baja dan membawa peralatan khusus lainnya.

Baca Juga: Ukraina Gunakan ‘Decoy’ untuk Menipu Pasukan Rusia

Kim disebut mendoakan rakyatnya kesejahteraan dalam pekerjaan mereka sebagai tanda perpisahan. Ia pun ditemani oleh beberapa pejabat pemerintahan dan komandan angkatan bersenjata.

Presiden Korut Kim Jong Un
(Foto: Dok. Kcna.kp)

“Kim Jong Un berangkat dari sini dengan kereta api pada Minggu sore untuk mengunjungi Federasi Rusia. Ia didampingi oleh para pejabat partai, pemerintah dan badan angkatan bersenjata. Keretanya berangkat dengan perpisahan yang hangat dari para pejabat senior dan warga Pyongyang,” lapor KCNA.

Baca Juga: Inspeksi Militer, Presiden Cina Dorong Pasukan untuk Siap Tempur

Sebelumnya, otoritas AS telah menduga akan terjadinya kunjungan Kim ke Rusia. Tujuannya kemungkinan besar mencakup kesepakatan bagi Korut untuk menyediakan senjata kepada Rusia untuk perang di Ukraina.

Senada, Michael Madden, analis keamanan Korut di Stimson Center menilai bahwa susunan delegasi yang menemani Kim menunjukkan kunjungan tersebut akan fokus pada kerja sama industri pertahanan dan urusan keamanan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER