Selasa, 5 Maret 2024

Ukraina Gunakan ‘Decoy’ untuk Menipu Pasukan Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dalam menghadapi gempuran terus menerus dari Rusia, Ukraina menemukan cara untuk menguras artileri mereka seefektif mungkin menggunakan ‘decoy’ atau replika umpan. Metinvest, perusahaan yang membuat umpan itu mengklaim ratusan unit telah sukses menipu Pasukan Rusia di medan tempur.

Dilansir dari CNN, Senin (11/9), otoritas Metinvest yang dirahasiakan identitasnya mengatakan bahwa berbagai jenis alutsista telah dibuat tiruannya, antara lain Howitzer D-20, dan Howitzer M777.

“Tujuannya ada dua yaitu untuk menyelamatkan nyawa warga Ukraina dan mengelabui Rusia agar menyia-nyiakan drone, peluru, dan rudal kamikaze mereka yang sangat mahal,” katanya.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-75, Korut Gelar Parade Militer

Sebelum perang, perusahaan tersebut merupakan perusahaan metalurgi terbesar di Ukraina yang tidak terlibat dalam pembuatan senjata. Faktanya, kini mereka tetap tidak melakukan hal tersebut, karena mereka hanya membuat replika tanpa amunisi yang sangat mirip dengan aslinya.

Inti dari umpan itu adalah mereka harus terlihat layak untuk diserang, tanpa menghabiskan terlalu banyak uang. Oleh sebab itu, Metinvest menyesuaikan pilihan bahan yang mampu mengelabui radar dan drone Rusia.

“Perang itu mahal dan kami ingin Rusia mengeluarkan uang banyak untuk drone dan rudal yang menghancurkan umpan kami. Bagaimanapun, drone dan rudal itu mahal. Tetapi model replika kami jauh lebih murah,” ujarnya.

Baca Juga: Argentina Beli Pesawat Patroli Maritim P-3 Orion dari Norwegia

Ia mencontohkan, Howitzer M777 155mm yang asli senilai jutaan dolar. Sedangkan, versi Metinvest biaya pembuatannya di bawah $1000. Sehingga, umpan ini sangat menguntungkan Ukraina dalam menguras tenaga Rusia.

Menurutnya, replika itu dibuat sejak awal perang untuk disimpan di garis depan agar Ukraina tampak memiliki persenjataan yang lebih baik daripada yang sebenarnya. Namun seiring dengan berlanjutnya perang dan persenjataan yang tiba di Ukraina semakin canggih, Metinvest pun semakin meningkatkan kualitas ratusan umpan mereka.

“Kami tidak menghitung jumlah umpan yang dihasilkan, tapi jumlah yang dimusnahkan. Semakin cepat umpan kita dihancurkan, semakin baik bagi kita,” ungkapnya. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER