Senin, 27 Mei 2024

Perkuat Perbatasan, Polandia Siap Kirim 2.000 Tentara ke Perbatasan Belarus

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Polandia akan mengirim sekitar 2.000 tentara untuk memperkuat perbatasan timurnya dengan Belarus. Langkah itu dilakukan untuk mengatasi peningkatan jumlah migran ilegal dan mengantisipasi potensi ancaman usai kelompok tentara bayaran Wagner pindah ke negara sekutu Rusia tersebut.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Polandia telah menyetujui permintaan otoritas penjaga perbatasan untuk mengerahkan lebih banyak pasukan tambahan. Seluruh tentara itu dijadwalkan akan mulai aktif bertugas di sekitar perbatasan Belarus pada dua minggu mendatang.

Baca Juga: Sambut HUT RI ke-78, Anak-Anak Bersama Satgas Yonif MR 411 Kostrad Kibarkan Bendera Merah Putih

“Kami menyadari ancaman yang terjadi di wilayah bagian timur. Kami tahu bahwa kelompok Wagner telah dipindahkan ke Belarusia. Hasilnya, kami memperkuat perbatasan timur Polandia,” tulis Kemhan Polandia melansir Platform X resminya pada Kamis (10/8).

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Dalam Negeri Polandia Maciej Wasik mengatakan bahwa tentara tambahan untuk di perbatasan itu akan berjumlah mencapai 2000 personil. “Penguatan ini bukan 1.000, tapi 2.000 tentara,” kata Wasik.

Baca Juga: Kembangkan Drone Lokal, Arab Saudi Kerja Sama dengan Industri Pertahanan Turki

Sebelumnya, Polandia telah memperingatkan tentang ancaman provokatif dari Belarus dan potensi bahaya yang ditimbulkan oleh kelompok tentara bayaran Wagner yang berbasis di sana berdasarkan kesepakatan dengan Presiden Alexander Lukashenko. Kesepakatan itu diraih sebagai upaya meredam konflik setelah Wagner berupaya menggulingkan pejabat militer Rusia pada 24 Juni lalu.

Selain itu, Polandia juga mengalami peningkatan jumlah migran ilegal terutama dari Timur Tengah dan Afrika. Bahkan, Belarusia dituduh sengaja mengirim para migran ilegal melintasi perbatasan ke Polandia untuk menimbulkan ketidakstabilan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER