Senin, 15 April 2024

Perkuat NATO, Rumania Berencana Beli Tank Abrams

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Rumania akan membeli Tank Abrams produksi General Dynamics yang berbasis di Virginia, Amerika Serikat (AS). Hal ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan negara-negara NATO untuk memperkuat pertahanan dan membentuk postur pencegahan atau deterrence.

Dilansir dari Reuters, Rabu (8/3), seiring dengan meningkatnya ancaman Rusia, Rumania melakukan pendekatan dengan AS untuk mendapat dukungan keamanan dan tank tempur. Kepala Direktorat Jenderal Pembelian Persenjataan Letjen Teodor Incicas mengatakan bahwa pembelian sebanyak satu batalion tank Abrams sedang proses persetujuan Badan Legislatif.

Baca Juga: Momen Kebersamaan Prabowo dan Presiden MBZ di UEA, Pererat Kerja Sama Pertahanan

“Kami sedang dalam proses mengirimkan permintaan (Kementrian Pertahanan) untuk persetujuan awal dalam mengakuisisi satu batalyon tank Abrams,” ujarnya.

Menurutnya, Tank Abrams adalah pilihan terbaik karena memiliki keunggulan tersendiri untuk Angkatan Darat Rumania. Sebelumnya, negara anggota Uni Eropa dan NATO ini telah menaikkan anggaran pertahanan menjadi 2,5% dari produk domestik bruto sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina pada awal tahun. Rumania yang berbatasan sepanjang 650 km dengan Ukraina, merupakan salah satu sekutu erat AS karena memiliki kelompok tempur gabungan serta berbagai rudal balistik yang ditempatkan secara permanen di wilayahnya.

Baca Juga: Ukraina Sediakan Layanan ‘Hotline’ untuk Tentara Rusia yang Ingin Menyerahkan Diri

Negara-negara lain yang juga berdekatan dengan Rusia maupun Ukraina telah melakukan pendekatan yang sama kepada AS. Polandia, Finlandia dan Jerman sepakat membeli persenjataan dari AS untuk negaranya sekaligus mempererat hubungan bilateral pertahanan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER