Rabu, 29 Mei 2024

Perkuat Eropa, Inggris Kirim 20.000 Tentara untuk Gabung Latihan NATO

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan 20.000 tentara untuk melakukan latihan gabungan skala besar NATO pertama di tahun 2024. Latihan ‘Steadfast Defender 24’ juga menandai perayaan ke-75 aliansi tersebut.

Dilansir dari Gov.uk, Senin (15/1), tentara Angkatan Darat menjadi yang terbanyak ditugaskan Inggris dengan total 16.000 personil, yang akan bermarkas di Eropa Timur dari Februari hingga Juni mendatang. Mereka akan berpartisipasi dalam latihan tembakan hingga terjun bebas.

Baca Juga: Korut Bantah Tuduhan Pasok Rudal ke Rusia

Inggris pun akan mengerahkan ribuan personil udara beserta Pesawat F-35B Lightning dan Pesawat Pengintai Poseidon P8. Kapal induk kelas Queen Elizabeth juga akan beroperasi bersama sekutu di Atlantik Utara, Laut Norwegia, dan Laut Baltik.

“Saya dapat mengumumkan hari ini bahwa Inggris akan mengirimkan sekitar 20.000 personel untuk mengambil bagian dalam salah satu pengerahan NATO terbesar sejak akhir Perang Dingin,” kata Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps.

Baca Juga: Turki Luncurkan Serangan Udara Terhadap Markas Kurdi di Utara Irak dan Suriah

NATO telah meningkatkan jumlah pasukan siap tempur setelah Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan ‘operasi khusus’ ke Ukraina. Hal ini sejalan dengan komitmen aliansi untuk terus mendukung Ukraina dengan bantuan militer, ekonomi dan kemanusiaan.

“Ini akan membuat militer kita bergabung dengan mitra dari 30 negara NATO ditambah Swedia, memberikan jaminan penting terhadap ancaman Putin,” kata Shapps tentang latihan tersebut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER