Kamis, 30 Mei 2024

Korut Bantah Tuduhan Pasok Rudal ke Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Kim Song membantah tuduhan Barat yang menyebut Korut telah memasok senjata yang digunakan Rusia di medan tempur.

Dilansir dair Yonhap, Jumat (12/1), Dewan Keamanan PBB menyebut bahwa Korut telah menjual senjata ke Rusia. Menurut Amerika Serikat (AS), senjata itu berupa rudal balistik, yang beberapa di antaranya digunakan untuk menyerang Ukraina pada 30 Desember, serta 2 dan 6 Januari.

Baca Juga: NATO Menjanjikan Bantuan Militer yang Lebih Besar kepada Ukraina

Menanggapi tuduhan tersebut, Kim menilai bahwa pihaknya “tidak merasa perlu mengomentari setiap tuduhan AS yang tidak berdasar.” Korut pun akan tetap meningkatkan kemampuan rudal untuk mempertahankan kepentingan nasional.

“AS menuduh Korea Utara, yang tidak ada kaitannya dengan pembahasan agenda (masalah). Ini mencerminkan penderitaan mereka di situasi sulit dan hanya menunjukkan kurangnya kekuatan dan sarana mereka dalam konfrontasi strategis dengan Rusia,” kata Kim.

Baca Juga: Presiden Ukraina Sebut Gencatan Senjata akan Menguntungkan Rusia

Selama sesi DK PBB mengenai pemeliharaan perdamaian di Ukraina, Duta Besar Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya turut menolak tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa AS tampaknya “menyebarkan informasi yang salah.” (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER