Minggu, 26 Mei 2024

Korut Luncurkan Tiga Rudal, Diyakini Pernah Dikirim ke Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jepang melaporkan bahwa Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba tiga rudal balistik ketika Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Korea Selatan (Korsel).

Dilansir dari The Japan Times, Senin (18/3), Kemhan Jepang menyebut ketiga rudal itu jatuh hanya beberapa menit setelah diluncurkan. Dimana masing-masing rudal menempuh jarak sekitar 350 kilometer sebelum mendarat di perairan, di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

Baca Juga: Rusia Disebut Intensifkan Serangan di Perbatasan Ukraina Usai Pemilu

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengecam tindakan provokasi Korut. Ia menegaskan, Jepang bersama sekutu Korsel dan Amerika Serikat (AS) akan terus mengawasi hingga setiap rudal yang diluncurkan.

“Serangkaian tindakan Korut ini mengancam perdamaian dan keamanan kawasan kami dan komunitas internasional dan tidak boleh ditoleransi,” kata Kishida.

Baca Juga: Dampak Perang, Anak-anak di Jalur Gaza Kurang Gizi Akut, Lebih dari 13.000 Tewas

Dalam pernyataan terpisah, otoritas militer Korsel menyebut rudal Korut yang diluncurkan itu membentuk lintasan mirip seperti rudal KN-24, yang menempuh jarak sekitar 300 km. KN-24 merupakan sebuah rudal balistik jarak pendek dengan jangkauan hingga 410 km yang diyakini telah diekspor ke Rusia untuk digunakan di medan perang melawan Ukraina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS pun turut mengecam peluncuran rudal itu dan menekankan bahwa AS akan selalu bersama Korsel dalam menanggapi setiap provokasi Korut demi menjaga perdamaian maupun stabilitas di kawasan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER