Selasa, 28 Mei 2024

Iran Klaim Berhasil Luncurkan Rudal Khaibar dengan Jangkauan 2.000 Km

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintahan Iran menyebutkan bahwa mereka berhasil meluncurkan rudal balistik baru generasi keempat yang diberi nama Khaibar pada Kamis (25/5). Rudal itu diklaim merupakan jenis paling canggih yang mampu menjangkau target sejauh 2.000 km.

Dilansir dari Irna.ir, laman resmi pemerintahan Iran, Kamis (25/5), rudal Khaibar merupakan versi terbaru dari jenis rudal Khorramshahr, yang berbahan bakar cair dan memiliki hulu ledak 1.500 kg. Uji coba rudal itu disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Mohammadreza Ashtiani bersama jajarannya.

Baca Juga: Cina Kecam Rencana NATO Buka Kantor Perwakilan di Jepang

“Rudal balistik terbaru Iran yang merupakan produk dari Organisasi Industri Dirgantara kementrian pertahanan berhasil diluncurkan. Peluncuran ini dilakukan untuk menyambut tanggal 3 Juni mendatang, yaitu pembebasan Khorramshahr,” tulis laman berita tersebut.

Fitur unggulan dari rudal Khaibar yaitu memiliki sistem panduan dan kendali yang dapat dioperasikan ketika telah meluncur. Sehingga hulu ledak dapat diarahkan untuk jatuh di titik yang berbeda dari rencana awal. Rudal balistik ini juga memiliki sistem pertahanan terhadap peperangan elektronik.

Baca Juga: Kapal Induk Terbesar di Dunia Berlayar ke Norwegia, Ada Apa?

Selain itu, kecepatan persiapan dan peluncuran rudal ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 12 menit karena penggunaan bahan bakar yang hipergolik. Dengan material dan mesin yang lebih canggih, rudal ini mampu meluncur hingga kecepatan maksimal Mach 16 di luar atmosfer dan Mach 8 di dalam atmosfer. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER