Rabu, 12 Juni 2024

Dukung Perdamaian, Irlandia Secara Resmi Akui Negara Palestina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Irlandia secara resmi mengakui negara Palestina dan percaya bahwa inisiatif itu akan berdampak untuk mendorong negara lain melakukan hal serupa.

“Keputusan pemerintah hari ini memberikan wewenang untuk menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Negara Palestina. Berdasarkan permintaan resmi dari otoritas Palestina, pemerintah akan meningkatkan status Misi Palestina di Irlandia menjadi Kedutaan Besar, dan mengizinkan penunjukan Duta Besar Negara Palestina untuk Irlandia,” tulis Kementerian Luar Negeri Irlandia melansir Gov.ie, Selasa (28/5).

Baca Juga: Ukraina Klaim Berhasil Sasar Radar Balistik Rusia

Lebih lanjut, tujuan dari pengakuan tersebut adalah mendukung perdamaian dan pembangunan negara Palestina. Sejalan dengan itu, Irlandia berkomitmen menjalankan diplomasi intensif dan kerja sama jangka panjang.

Menanggapi hal tersebut, Kedutaan Besar Israel di Irlandia menyatakan kekecewaannya dan menyebutnya sebagai hal yang keliru jika mendukung Hamas untuk terus melakukan serangan.

Baca Juga: Meski Dikecam, PM Israel Bersikeras untuk Serang Hamas di Rafah

“Langkah sepihak seperti ini tidak akan berdampak apa pun bagi Palestina atau Israel. Kami hanya dapat menyelesaikan perbedaan kami melalui negosiasi bilateral,” katanya melansir BBC.

Selain Irlandia, Norwegia dan Spanyol juga telah mengumumkan pengakuan mereka atas negara Palestina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER