Sabtu, 2 Maret 2024

Bantah Temui Jalan Buntu, Zelensky: Ukraina Butuh Lebih Banyak Sistem Pertahanan Udara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah bahwa perang dengan Rusia telah menemui jalan buntu dan mengatakan pihaknya butuh lebih banyak kerja sama dengan sekutu untuk memperkuat pertahanan udara.

Dilansir dari The Guardian, Senin (6/11), komentar itu muncul sebagai tanggapan atas pernyataan panglima tertinggi Ukraina, Jenderal Valery Zaluzhnyi, yang menyebut pergerakan Ukraina bersifat statis ketika Rusia terus pengirim pasukan.

Baca Juga: Israel Tolak Gencatan Senjata, Tuntut Pembebasan Sandera

“Hari ini waktu telah berlalu dan masyarakat sudah lelah. Namun ini bukan jalan buntu,” kata Zelensky usai bertemu Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Lebih lanjut, Zelensky mengakui adanya kesulitan dalam perang yang kini memasuki bulan ke-21. Sementara, pergerakan pasukan Ukraina memukul mundur Rusia berlangsung lebih lambat daripada yang diperkirakan.

Baca Juga: Turki Luncurkan Serangan Udara ke Belasan Markas Militan Kurdi di Irak Utara

Menurutnya, pasukan Ukraina tidak punya pilihan selain terus berjuang. Mereka kini membutuhkan lebih banyak dukungan dari sekutu barat, terutama sistem pertahanan udara.

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan Ukraina mengalami kemajuan yang lambat karena Rusia disebut menyebar ranjau disepanjang garis depan medan tempur. Pasukan Rusia melancarkan sejumlah serangan di dekat Avdiivka, Lyman dan Mariinka di wilayah timur Donetsk. Sementara, pasukan Ukraina kini berupaya berebut kembali wilayah bagian selatan. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER