Selasa, 25 Juni 2024

Hadapi Tantangan Global, Kanada Beli 88 Jet Tempur F-35

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kanada telah merampungkan kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) untuk membeli 88 Jet tempur F-35. Pembelian dari produsen Lockheed Martin ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan Kanada dalam menghadapi dinamika dan tantangan keamanan global.

Dilansir dari Canada.ca, sebuah laman resmi pemerintah, Selasa (10/1), Menteri Pertahanan Canada Anita Anand mengatakan bahwa “Ketika dunia kita semakin gelap, dengan invasi ilegal Rusia yang tidak dapat dibenarkan ke Ukraina dan perilaku Cina yang semakin tegas di Indo-Pasifik, proyek ini menjadi semakin penting, terutama mengingat pentingnya interoperabilitas dengan sekutu kita.”

Menurut Anand, total dana yang dikerahkan mencapai $ 19 miliar, sekaligus menjadikannya sebagai anggaran persenjataan terbesar untuk Angkatan Udara Kanada selama 30 tahun terakhir. Anggaran ini tidak hanya untuk pembelian pesawat yang masing-masing harganya diperkirakan $ 85 juta, tetapi juga termasuk membangun layanan pendukung untuk pesawat dan fasilitas skuadron tempur modern.

Pengiriman jet tempur canggih ini akan dilakukan dalam beberapa tahap. Pemerintah Kanada akan menerima empat pesawat pertama di tahun 2026, enam unit di 2027, enam unit lain di 2028 dan seterusnya hingga seluruh unit diterima pada akhir 2032.

Baca: Inggris Pertimbangkan Pasok Tank Challenger 2 ke Ukraina

“F-35 adalah pesawat tempur modern, andal dan gesit yang digunakan oleh sekutu terdekat kita dalam misi di seluruh dunia. Ini adalah pesawat tempur tercanggih di pasaran dan merupakan pesawat yang tepat untuk Kanada,” tambah Anand. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER