Minggu, 26 Mei 2024

Burkina Faso Pererat Kerja Sama Militer dengan Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemimpin junta militer Burkina Faso Ibrahim Traore, mengatakan telah bertemu dengan delegasi Rusia pada beberapa waktu lalu. Pertemuan itu disebut sebagai langkah awal keduanya dalam memperluas kerja sama militer.

Dilansir AIB, laman media resmi Pemerintah Burkina Faso, Jumat (1/9), Traore melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yunus-Bek Yevkurov di ibu Kota Ouagadougou. Pertemuan itu disebut sebagai tindak lanjut dari pembicaraan antara Traore dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat KTT Rusia-Afrika di St. Petersburg pada bulan Juli lalu.

Baca Juga: Norwegia Akan Pasok Rudal Anti-pesawat dan Alat Penyapu Ranjau ke Ukraina

“Kami membahas isu-isu yang diangkat dalam pertemuan antara Presiden Burkina Faso dan Federasi Rusia pada KTT Rusia-Afrika di Saint Petersburg. Kami juga membahas kesimpulan dari pertukaran antar menteri yang membidangi pertahanan kedua negara di Rusia,” kata Yevkurov.

Senada, Traore menyebut keduanya berencana bekerjasama di bidang militer seperti pelatihan kadet dan perwira maupun pilot Burkinabe di Rusia. Namun, tidak dijelaskan kapan rencana itu akan diwujudkan. Selain itu, mereka juga membahas berbagai bidang lain yang dianggap strategis.

“Ini (membahas) semua bidang termasuk kerja sama militer dan teknis pertahanan tetapi juga kerja sama di bidang ekonomi, energi nuklir dan segala hal yang dapat mengarah pada kerja sama”, jelas Kolonel Jenderal Younous-Bek EVKUROV.

Baca Juga: Angkatan Laut Inggris Deteksi Kapal Rusia Belayar Dekat Perbatasan

Hubungan Burkina Faso yang dipimpin junta militer dengan Rusia telah menjadi sorotan banyak pihak sejak awal tahun ini, khususnya ketika mereka memutus kerjasama militer dengan pasukan Prancis. Banyak pengamat militer yang berspekulasi keduanya memperdalam hubungan keamanan seperti negara tetangganya Mali.

Sehingga, kunjungan itu membuktikan dugaan bahwa keduanya memang ingin mempererat kerjasama pertahanan. Terlebih, semenjak kematian pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, Rusia nampak semakin memperkuat hubungannya dengan beberapa negara Afrika. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER