Minggu, 14 April 2024

Uji Tempur KRI Sutedi Senoputra-378 Hadapi Ancaman Musuh di Teluk Jakarta

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Unsur jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada I, KRI Sutedi Senoputra-378 melaksanakan latihan uji terampil gladi tugas tempur (glagaspur) tingkat II atau L2 yang berlangsung dari 1 hingga 2 Maret.

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada I, Senin (4/3), kapal korvet kelas Parchim yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Octo Sahat M. Manurung ini berlatih rangkaian skenario peran-peran untuk menghadapi ancaman musuh di Teluk Jakarta.

Baca Juga: Peduli Kelestarian Lingkungan, TNI AU Gandeng BRGM untuk Tanam Mangrove di Kalimantan

Penilaian uji terampil tersebut merupakan tindak lanjut dari glagaspur kapal tingkat I (L1) yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan materi integrasi antarpos tempur dengan pos komando serta pos komando utama untuk aksi tempur tunggal di laut.

KRI Sutedi Senoputra-378
(Foto: Dok. Dispen Koarmada I)

Selain itu, dilaksanakan pengecekan bidang material sehingga dapat diperoleh gambaran kesiapan tempur kapal sesuai dengan standarisasi.

Kegiatan uji terampil glagaspur L2 ini merupakan salah satu persyaratan mutlak kapal perang atau KRI sebelum resmi diberangkatkan pada penugasan operasi ataupun latihan.

Baca Juga: Aksi Kopaska Terjun dari Ketinggian 10 Ribu Kaki untuk Evakuasi Medis Udara

Komandan Satkor Koarmada I Kolonel Laut (P) Awang Bawono berharap agar naluri tempur dan profesionalisme prajurit KRI Sutedi Senoputra-378 tetap terjaga.

“Melalui latihan ini diharapkan juga dapat meningkatkan naluri tempur dan profesionalisme prajurit, ebagaimana perintah dari Pangkoarmada l Laksamana Muda Achmad Wibisono,” ungkapnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER