Senin, 27 Mei 2024

TNI AL Gencarkan Patroli Perairan Antisipasi Potensi Penyelundupan Jelang Lebaran

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL menggencarkan patroli jelang musim libur lebaran Idul Fitri 2024 untuk mengantisipasi potensi kegiatan ilegal, khususnya penyelundupan di sejumlah perairan.

“Untuk kondisi lebaran ini tentu kita lebih menyiagakan kapal. Biasanya pada saat kritis ini ada yang mencoba untuk melakukan kegiatan ilegal,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, Jakarta, Jumat (5/4).

Ia mengatakan TNI AL menyiagakan kapal-kapal patroli di setiap pangkalan untuk berjaga dari mobilisasi yang berpotensi terdapat kegiatan ilegal. Tak hanya itu, dikerahkan pula sejumlah kapal Search And Rescue (SAR) apabila terjadi kecelakaan di laut.

Baca Juga: KSAL Sebut Pembelian Scorpene Sesuai Kebutuhan Kesiapan Tempur TNI AL

“Kapal-kapal patroli tetap kita siapkan. Kemudian, kapal-kapal siaga untuk SAR juga selalu tetap ada, apabila terjadi kecelakaan (di laut),” kata Ali.

Sebagai contoh, di Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi menyiagakan dua kapal patroli atau Kapal Angkatan Laut (KAL), yakni Rajegwesi II-5-40 dan Sembulungan II-5-42 di perairan Banyuwangi, Situbondo hingga Probolinggo.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz saat menyambut kedatangan KAL Sembulungan di dermaga Pusri, Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (3/4).

Baca Juga: Sebanyak 58 Prajurit Garuda Naik Pangkat di Luar Negeri

“Lanal Banyuwangi juga akan menyiagakan satu unit Hulled Rubber Boat (RHIB) dan satu unit Rigid Bouyancy Boat (RBB) patroli keamanan dan kelancaran arus mudik Idul Fitri 2024,” ungkap Hafidz, dikutip dari laman TNI AL.

Selain patroli di laut, Ali juga menyiapkan para personel TNI AL dari beberapa satuan setingkat batalyon dan kompi untuk dikerahkan dalam Bawah Komando Operasi (BKO) Operasi Ketupat 2024 sebagai pengaman pelaksanaan Idul Fitri.

“Berapapun yang dibutuhkan oleh Polri, kita siapkan untuk pengamanan Idul Fitri 2024 ini,” tegasnya.

Baca Juga: Selain Prancis, KSAL Ungkap Peluang Tambahan Kapal Selam dari Negara Lain

Sebelumnya, Panglima Jenderal Agus Subiyanto mengatakan TNI mengerahkan 67.955 personel untuk membantu Polri dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

Selain personel, TNI juga menyiapkan angkutan darat, laut dan udara yang bisa membawa pemudik dari Jakarta menuju Semarang dan Surabaya, termasuk juga Hercules dan helikopter.

“Di darat kami menyiapkan bus dan truk serta derek juga mobil ambulans di setiap wilayah,” kata Agus saat mengecek kesiapan personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2024 bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di lapangan Monas, Jakarta, Rabu (3/4). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER