Kamis, 13 Juni 2024

Panglima TNI Cek Kesiapan Pasukan yang Akan Diberangkatkan ke Palestina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memeriksa persiapan Satgas Brigade Komposit, pasukan yang diproyeksikan bertugas membantu warga Gaza, Palestina di Batalyon Kesehatan-1/Kostrad, Bogor, Jumat (7/6).

Mengutip Puspen TNI, Sabtu (8/6), langkah tersebut dilakukan TNI dalam rangka menindaklanjuti pernyataan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dalam agenda IISS Shangri-La Dialogue 2024, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Batalyon Arhanud 2 Kostrad Gelar Latihan Peta, Model dan Medan Tingkat Peleton

Agus sebelumnya menyatakan siap mengirim pasukan perdamaian ke Gaza, Pelestina, bila Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberi mandat. Ia menjelaskan Brigade Komposit yang diperiksanya terdiri sejumlah elemen TNI seperti batalyon kesehatan, batalyon zeni, dan batalyon perbekalan.

Selain itu, TNI juga mempersiapkan 2 unit kapal rumah sakit yang dilengkapi dengan dokter, perawat serta peralatan kesehatan, rumah sakit lapangan serta 2 unit Helikopter TNI AU untuk mengemban misi ini.

“Kapal yang disiapkan adalah KRI dr. Radjiman dan KRI dr. Soeharso, karena kedua kapal tersebut mampu memberikan perawatan bagi masyarakat yang terdampak konflik,” tutur Agus.

Baca Juga: Rotasi Jabatan, KSAU Pimpin Sertijab Kadiskonsau dan Kapusbekmatau

“Sedangkan Batalyon Zeni mampu merehabilitasi konstruksi bangunan, Batalyon Perbekalan mampu membuat dapur umum dan Batalyon Suport disiapkan untuk melakukan pengamanan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Agus menerangkan pihaknya juga akan melakukan rapat koordinasi dengan kementerian terkait untuk mematangkan setiap proses menjalankan misi. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER