Rabu, 21 Februari 2024

Melihat Progres Modernisasi KRI dan Pembangunan Fregat Merah Putih di PT PAL Indonesia

PT PAL
PT PAL
PT PAL
PT PAL
PT PAL
PT PAL
PT PAL
PT PAL
PT PAL
Refurbishment KRI 1
Refurbishment KRI 2
Refurbishment KRI 3
Refurbishment KRI 4
Refurbishment KRI 5
Refurbishment KRI 6
Refurbishment KRI 7
Refurbishment KRI 8
Refurbishment KRI 9
previous arrow
next arrow
Shadow

Surabaya, IDM – PT PAL Indonesia melakukan modernisasi terhadap 41 kapal perang milik TNI AL. Program yang dicanangkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ini, merupakan yang terbesar sepanjang sejarah di tanah air.

Tujuan modernisasi adalah untuk meningkatkan kemampuan dari masing-masing alutsista tersebut. Dalam program ini, PT PAL Indonesia bekerja sama dengan sejumlah perusahaan galangan kapal seperti PT Batamec; PT Palindo Marine; PT Waruna Shipyard; dan PT Dok Bahari Nusantara.

Pengerjaan modernisasi dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan jadwal operasi TNI AL agar tidak mengganggu jalannya operasi laut. Untuk saat ini yang sedang dalam tahap pengerjaan adalah KRI Halasan-630 dan KRI REM-331.

Read: Marabunta Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) Jalin Kerja Sama KSO dengan PT Rancangsemesta Transportindo

Selain modernisasi kapal, PT PAL Indonesia juga sedang membangun kapal fregat Merah Putih. Kapal sepanjang 140 meter dengan displacement sebesar 5.996 ton ini merupakan 100 persen buatan Indonesia.

Fregat Merah Putih akan dilengkapi dengan teknologi pengindraan serta persenjataan yang lebih modern. Ini sebagai langkah nyata dalam upaya mewujudkan peningkatan penguasaan teknologi pertahanan dan kemandirian industri pertahanan, sehingga dapat meminimalisir ketergantungan impor alutsista.

(IDM/Muhammad Hidayat)

INFRAME

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

EDISI TERBARU

sidebar
custom-ad-5

POPULER