Selasa, 21 Mei 2024

Koarmada I Rencana Ajukan Kajian untuk Penempatan OPV Italia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koarmada I berencana mengajukan kajian akademis kepada Markas Besar TNI AL (Mabesal) terkait kebutuhan penempatan kapal patroli multiguna atau multipurpose Offshore Patrol Vessel (OPV) dari Italia.

“Kontrak OPV dari Italia memang di Koarmada I, kami membutuhkan kapal sejenis itu,” ungkap Pangkoarmada I Laksamana Muda Yoos Suryono usai acara serah terima jabatan (sertijab) di Pondok Dayung, Jakarta, Kamis (18/4).

Yoos mengatakan alasan membutuhkan penempatan unit OPV kelas Thaon di Revel itu dikarenakan konsentrasi geografi dan luas wilayah kerja Koarmada I, terlebih di perairan Natuna Utara hingga banyaknya kegiatan ilegal yang terjadi di Selat Malaka.

Baca Juga: Calon Pengawak OPV Thaon di Revel Akan Dapat Pelatihan 6 Bulan di Italia

“Dari konsentrasi geografi dan luas wilayah yang jadi tanggung jawab Koarmada I, terlebih lautan Natuna Utara dan ancaman juga di utara, pengungsi Rohingya dan banyak kegiatan ilegal di Selat Malaka, tentu sangat perlu,” katanya.

Berdasarkan hal itu, Yoos menyebutkan Koarmada I bakal membuat kajian akademis ke Pangkoarmada RI Laksamana Madya Denih Hendrata dan Mabesal, terkait kebutuhan penempatan unit OPV kelas Thaon di Revel.

“Kita akan membuat suatu kajian akademis yang akan disarankan ke Pangkoarmada RI dan ke Mabes al untuk kapal tersebut bisa ditempatkan di Koarmada I,” ujar Yoos.

“Namun, keputusannya tetap dari Mabesal akan ditempatkan di Koarmada I, Koarmada II, atau Koarmada III,” imbuhnya.

Baca Juga: Ditunjuk sebagai Kadispenau, Ini Rekam Jejak Penugasan Kolonel Pnb Ardi Syahri

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan Fincantieri, Italia, menyepakati kontrak pembelian dua unit OPV kelas Thaon di Revel, Kamis (28/3) lalu. Rencananya, unit pertama kapal patroli itu dikirim ke Indonesia pada Oktober 2024 dan unit kedua menyusul pada April 2025.

Pengadaan OPV itu direalisasikan Kemhan untuk menggantikan fregat Van Speijk kelas Ahmad Yani yang usianya tidak muda lagi namun masih menjadi artileri persenjataan angkatan laut (arsenal) pemukul milik TNI AL.

OPV kelas Thaon di Revel sangat fleksibel dengan standar teknologi canggih terbaru. Kapal ini mempunyai kapasitas untuk menjalankan berbagai fungsi, mulai dari patroli dengan kapasitas penyelamatan laut, operasi perlindungan sipil hingga misi tempur. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER