Senin, 20 Mei 2024

Calon Pengawak OPV Thaon di Revel Akan Dapat Pelatihan 6 Bulan di Italia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit TNI AL akan mendapatkan kursus di Italia untuk persiapan operasional dua unit kapal patroli lepas pantai multiguna atau multipurpose Offshore Patrol Vessel (OPV) yang dipesan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dari Fincantieri.

Dikutip dari keterangan Kemhan RI, Jumat (19/4), disebutkan para prajurit TNI AL yang akan menjadi calon pengawak kapal OPV kelas Thaon di Revel atau Pattugliatore Polivalente d’Altura (PPA) itu selama enam bulan.

“Pengadaan kapal ini juga diiringi dengan paket offset yang komprehensif, salah satunya kursus pelatihan kelas di Italia yang berdurasi enam bulan,” sebut keterangan Kemhan RI.

Baca Juga: KSAD Terima Kunjungan KSAU yang Baru Demi Tingkatkan Sinergisitas Antar Matra TNI

Selain itu, paket offset lainnya dalam pengadaan dua unit OPV Italia ini mencakup konsultasi pengembangan galangan kapal, strategi bisnis jangka panjang, peningkatan fisik galangan kapal, dan penyampaian materi didaktik.

Kemudian, Indonesia juga akan mendapatkan pengelolaan aset modernisasi galangan kapal, pelatihan manajemen, pusat pelatihan simulator, pengembangan jalur pelatihan di Universitas Pertahanan (Unhan) serta pembentukan tim ahli lokal untuk pengembangan peluang langsung dan tidak langsung.

Sebelumnya, Chief Eexecutive Officer (CEO) dan Managing Director Fincantieri Pierroberto Folgiero dan Kementerian Pertahanan Indonesia menandatangani kontrak pembelian dua kapal multipurpose OPV kelas Thaon di Revel senilai 1,18 miliar euro itu, pada Kamis (28/3) lalu.

Baca Juga: Danpushidrosal Tinjau KRI Dewa Kembar saat Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-oseanografi

Dua kapal ini awalnya dibangun untuk Angkatan Laut Italia, namun belakangan dialihkan ke Indonesia demi kepentingan ekspor negara tersebut. Adapun untuk Italia, kapal pesanan mereka akan tetap dibuat setelah Indonesia.

Fincantieri dalam keterangannya juga menyebutkan, Indonesia dikabarkan sudah mengungkapkan ketertarikan mengakuisisi OPV kelas Thaon di Revel saat kapal itu singgah di tanah air, pada Juli 2023 lalu. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER