Selasa, 21 Mei 2024

Danpushidrosal Tinjau KRI Dewa Kembar saat Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-oseanografi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya Budi Purwanto, meninjau KRI Dewa Kembar-932 yang tengah melaksanakan operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi (opssurta hidros) 2024, Jakarta, Kamis (18/4).

Budi menekankan kepada seluruh prajurit KRI Dewa Kembar-932 agar mempertahankan kebersihan dan kondisi teknis kapal yang sebelumnya menjalani pemeliharaan tingkat depo, yakni perbaikan sistem bangun kapal dan pendorong kapal.

Baca Juga: Prajurit Armed 12 Kostrad Dapat Motor Trail KLX 150 dari Kemhan

“Pertahankan kebersihan dan kondisi teknis kapal agar siap mendukung tugas-tugas Pushidrosal, utamanya dalam kegiatan operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi,” ujar Budi, dikutip dari keterangan Dispen Pushidrosal, Jumat (19/4).

Danpushidrosal Laksamana Madya Budi Purwanto
(Foto: Dok. Dispen Pushidrosal)

Pada kesempatan yang sama, Komandan KRI Dewa kembar-932 Letkol Laut (P) Mustika Ari Wibowo juga memaparkan pelaksanaan tugas operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi untuk menjamin keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

Baca Juga: KSAD Terima Kunjungan KSAU yang Baru Demi Tingkatkan Sinergisitas Antar Matra TNI

Adapun operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi yang dilakukan meliputi pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar  laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), verifikasi data pipa dan kabel pemasangan stasion pasang surut hingga pengukuran arus.

Kemudian, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengambilan contoh air laut, pengukuran CTD, pengamatan meteorologi, verifikasi toponimi, dan pengumpulan data geografi maritim. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER