Senin, 26 Februari 2024

Prajurit Kopasgat Unjuk Kemampuan dalam Operasi Perebutan Bandara Latgab TNI 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Detasemen Matra 2 Kopasgat TNI Angkatan Udara (TNI AU) unjuk kemampuan dalam Operasi Perebutan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) yang digelar di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Selasa (1/8). Operasi tersebut merupakan bagian dari latihan gabungan (Latgab) TNI tahun 2023.

Dalam misi kali ini, Kopasgat mengerahkan 86 prajurit yang terbagi dalam satuan tempur, tim pengendali pangkalan (Dallan), pengendali tempur (Dalpur), jump master serta pertahanan udara (Hanud).

Baca Juga: Lantamal III Lepas Keberangkatan Kapal Tanker AL India INS Shakti

Puluhan prajurit tersebut diskenariokan harus menguasai Bandara Blimbingsari Banyuwangi yang sebelumnya dikuasai oleh musuh. Mereka diangkut dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules untuk menuju lokasi dan selanjutnya melakukan penerjunan. Penerbangan Hercules pun mendapat pengawalan dari dua pesawat tempur F-16 yang bertugas sebagai air cover.

Prajurit Kopasgat
Prajurit Kopasgat yang dikerahkan dalam misi OP3U Latgab TNI 2023. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Melansir keterangan TNI AU, Rabu (2/8) dijelaskan, OP3U diawali dengan infiltrasi prajurit Satbravo yang bertujuan untuk melumpuhkan sarana strategis musuh. Infiltrasi kedua dilakukan oleh tim Dalpur yang bertugas menyiapkan DZ (Dropping Zone). Tidak lama berselang, tim Satpur siap melakukan penyerangan.

Baca Juga: Indonesia Beli 12 Drone ANKA Dari Turki

“Usai infiltrasi tersebut, tim Satpur dapat menguasai bandara dalam waktu relatif singkat. Operasi berikutnya adalah mengoperasikan kembali pangkalan dan operasi itu menjadi tugas dari tim Dallan,” tulis TNI AU.

Dalam operasi tersebut, para prajurit Kopasgat juga harus mensiagakan unsur senjata Hanud berupa Rudal QW3 untuk menangkis serangan udara musuh. Adapun smart hunter 311 turut disiagakan sebagai radar pendeteksi pesawat kawan dan lawan. Keseluruhan senjata tersebut digelar di empat titik yaitu, di ujung runway 08 (pucuk 1 dan pucuk 2), ujung runway 26 (pucuk 3 dan 4), dan smart hunter di depan Gastrip PK. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER

Jenderal Asal Timor Leste Jadi Danrem 161/Wira Sakti

Daftar Lengkap 33 Pati TNI AD yang Dirotasi dan Mutasi

Daftar Lengkap 20 Pati TNI AD yang Naik Pangkat