Kamis, 30 Mei 2024

Panglima TNI Beberkan 15 Provinsi Rawan Konflik Pilkada 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto membeberkan 15 provinsi rawan konflik pilkada 2024 mendatang. Hal ini dikatakannya dalam rapat RDP dengan Komisi I, Kamis, (21/3).

“Terkait Pilkada serentak tahun 2024, TNI telah melakukan pemetaan serta analisis kerawanan-kerawanan yang berpotensi akan timbul pada Pilkada serentak yang akan datang. Berdasarkan informasi KPU pilkada serentak tahun ini akan memilih pimpinan dari 545 daerah seluruh Indonesia yg terdiri dari 37 provinsi, 415 kabupeten dan 93 kota,” kata Panglima TNI.

Baca Juga: Koarmada III Serahkan 2 Kapal Patkamla Baru ke Lantamal XIV

Lanjutnya bahwa pelaksanaan pilkada secara serentak memiliki kerawanan yang lebih besar dibandingkan Pilpres maupun Pileg. Terdapat kemungkinan terjadi kerusuhan antar kelompok pendukung yang lebih besar bila dihadapkan dengan jumlah alat keamanan yang terbatas.

“Selain itu di beberapa daerah dimungkinkan terjadi konflik sara apabila itu politik, identitas digaungkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut memicu perpecahan pada skala nasional apabila berbagai kemungkinan kerawanan tadi dimanfaatkan oleh pihak ketiga,” kata Panglima TNI.

Baca Juga: Dukung Operasional Tugas, Lanud Anang Busra Terima Bantuan Kendaraan Dinas dari Kemhan

Bais TNI Secara khusus telah membuat indeks kerawanan pada Pilkada serentak tahun 2024. Berdasarkan perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini secara singkat dapat saya sampaikan bahwa terdapat 15 provinsi yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

“15 provinsi tersebut adalah provinsi Nangroe Aceh Darussalam, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku dan Maluku Utara dan 6 provinsi di Papua. Masing-masing provinsi tersebut memiliki jenis dan macam kerawanan yang berbeda-beda, mulai dari konflik sara, konflik di antara Paslon, bentrok antar pendukung fanatik, konflik elite politik, konflik di daerah basis parpol tertentu sampai dengan konflik bersenjata yang terjadi di Papua,” kata Panglima TNI. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER