Senin, 15 April 2024

Menhan Prabowo dan Presiden Xi Jinping Bahas Penguatan Keamanan Maritim Asia Tenggara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Indonesia dan Cina menyepakati rencana penguatan kemitraan strategis, khususnya kerja sama pertahanan dalam menjaga keamanan maritim di wilayah Asia Tenggara.

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Presiden Cina Xi Jinping di Beijing, Senin (1/4).

“Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang Cina adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan,” ungkap Prabowo, dikutip dari keterangan Kemhan RI, Selasa (2/4).

Baca Juga: KSAL: Kopaska Harus Mampu Menjadi Pengganda Kekuatan Tempur

Menanggapi hal itu, Jinping menegaskan Cina siap berkontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional serta global. Oleh karena itu, kerja sama dengan Indonesia dinilai penting untuk menjaga keamanan maritim di wilayah Asia Tenggara.

Keterangan Kemhan RI menyebut Cina juga menyatakan kesiapannya untuk memperdalam kerja sama maritim dengan Indonesia, sebagai langkah memperkuat hubungan kedua negara di bidang kelautan.

Di samping itu, Prabowo juga menyampaikan komitmen memenuhi kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia. Ia berharap kedua negara ini dapat saling menggali potensi dan peluang kerja sama.

Baca Juga: Prajurit Satgas Yonif 509 Condromowo Cukur Rapi Warga Papua

“Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antar-matra,” ujarnya.

Sementara itu, Jinping menyatakan keinginan Cina mengimplementasikan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia. Hal ini menunjukkan keinginan Cina untuk memperkuat hubungan dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan, ekonomi, dan keamanan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER