Selasa, 21 Mei 2024

Latih Kemampuan Angkatan Laut Lebanon, KRI Diponegoro-365 Jadi Tempat Latihan Stage at Sea

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Diponegoro (DPN)-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL menjadi tempat latihan stage at sea Angkatan Laut Lebanon (LAF-N), Kamis (4/4).

Mengutip keterangan Dispenal Selasa (9/4), stage at sea adalah bagian dari implementasi tugas utama unsur MTF UNIFIL yang dimandatkan oleh PBB.

Tugas tersebut adalah menunjang peningkatan kemampuan serta keterampilan LAF-N dengan melatih mereka melaksanakan tugas maritim di wilayah teritorialnya.

Baca Juga: Patroli Udara Arus Mudik Banyuwangi-Bali, 2 Penerbang TNI AL Operasikan Helikopter Basarnas

Adapun program ini digelar selama 2 hari dengan beberapa materi yaitu pengenalan kapal (ship familirization), navigasi kapal (pilotage), hingga penanggulangan kapal (damage control).

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu menjelaskan selain dalam rangka menjalankan tugas PBB, langkah tersebut juga dilakukan untuk mempererat hubungan bilateral TNI AL dan LAF-N yang sudah terjalin dengan sejak misi pertama pada 2009.

Melansir antaranews, KRI Diponegoro yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII/O UNIFIL bertugas bersama pasukan perdamaian PBB di Lebanon sejak awal 2024.

Baca Juga: Cegah Stunting, Babinsa di Kodam Udayana Bagikan 513 Telur ke Balita dan Anak Setiap Minggu

Kapal perang tersebut berlayar dari Jakarta ke Lebanon sejak akhir 2023 menggantikan KRI Frans Kaisiepo-368 yang sebelumnya bertugas di Lebanon bersama Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-N UNIFIL.

Adapun Satgas Kontingen Garuda MTF adalah salah satu unit tugas pasukan perdamaian PBB di Lebanon. Beberapa tugas yang mereka lakukan adalah berpatroli di perairan untuk mencegah masuknya senjata secara ilegal, dan menggelar pelatihan untuk prajurit Angkatan Laut Lebanon. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER