Senin, 26 Februari 2024

Lanal Dumai Gagalkan Penyelundupan 31 Calon PMI ke Malaysia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai berhasi mengagalkan pengiriman 31 orang calon pekerja migran ilegal (PMI) di pesisir pantai Sepahat, Riau, Sabtu (19/8).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Karyadi Bangun, menjelaskan awalnya tim gabungan F1QR Lanal Dumai memperoleh informasi keberadaan calon PMI berada di pesisir pantai Sepahat.

Berdasarkan informasi tersebut, tim gabungan bergerak menuju titik lokasi yang diduga sebagai penampungan para calon PMI sebelum diberangkatkan.

Baca Juga: Kronologi Pengungkapan Penjualan Senpi Ilegal yang Catut Nama Instansi Puspomad

Pada pukul 16.35 WIB, dari hasil pemantauan dan pengintaian ke dalam hutan bakau hingga bibir pantai, ditemukan para calon PMI yang berkumpul di kamp penampungan. Mereka menunggu diberangkatkan ke Malaysia menggunakan speed boat.

PMI
(Foto: Dok. Dispenal)

“Sejumlah 31 calon PMI yang berhasil diamankan terdiri dari 15 laki-laki, 15 perempuan dan 1 orang anak,” ungkap Karyadi, dikutip dari keterangan Dispenal, Selasa (22/8).

Pada saat dimintai keterangan, mereka mengaku berangkat dari daerah masing-masing dengan tujuan terminal Kota Dumai, Riau. Selanjutnya, akan dijemput oleh agen menuju lokasi pemberangkatan, yaitu pesisir pantai Sepahat.

Baca Juga: Kronologi Prajurit Marinir Pratu Agung Gugur Ditembak KKB di Papua

Pada saat penangkapan, mereka sudah berada di hutan bakau pesisir pantai Sepahat selama satu hari untuk menunggu keberangkatan ke Malaysia. Namun, tersebut harus terhenti karena harus menghadapi proses hukum.

Kemudian, para calon PMI melaksanakan pemeriksaan kesehatan, pendataan dan selanjutnya diserahkan kepada Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Riau untuk proses lebih lanjut. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER