Jumat, 14 Juni 2024

KRI Teluk Lada-521 Daratkan Pasukan Serbuan Amfibi di Perairan Sorong

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada III menggelar latihan embarkasi dan debarkasi bersama Resimen Kavaleri (Menkav) 3 Marinir di perairan sekitar dermaga Markas Komando (Mako) Koarmada III, Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (27/2).

Latihan tersebut melibatkan KRI Teluk Lada-521 sebagai kapal pengangkut beserta delapan kendaraan tempur (ranpur) tank amfibi Menkav 3 Marinir jenis PT-76 dan BTR-50.

Adapun materi latihan meliputi prosedur pelaksanaan, perencanaan, perhitungan kebutuhan dan kemampuan muat serta pengenalan data teknis material marinir dan pengendalian ranpur pada saat embarkasi dan debarkasi di KRI.

Baca Juga: Poltekad Dapat Hibah 1 Set Radar Pasif dari Kemhan

Lalu, materi lainnya adalah mengenai prosedur pasukan menggunakan jaring pasukan dan prosedur penanganan keadaan darurat pada saat embarkasi dan debarkasi serta praktiknya.

Komandan Satfib Koarmada III Kolonel Laut (P) Hartanto, mengatakan latihan bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel unsur KRI tentang prosedur embarkasi dan debarkasi.

“Serta kerja sama secara tim sesuai dengan fungsi asasinya dan mampu bekerja sama dengan unsur-unsur lain,” kata Hartanto yang juga selaku perwira pelaksana latihan, dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III, Kamis (29/2).

Baca Juga: Rencana TNI AL Siapkan Sensor untuk Pertahanan Wilayah ALKI II IKN

Selain itu, ia juga berharap latihan tersebut diharapkan akan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok dalam pelaksanaan embarkasi dan debarkasi.

“Baik untuk personel, material maupun kendaraan pada kapal tipe Landing Ship Tank (LST), Landing Platform Dock (LPD), Frosch, dan Angkut Tank,” ujar Hartanto.

“Kemudian, diharapkan agar mampu bertindak sebagai pengendali dan operator pada pelaksanaan embarkasi dan debarkasi sesuai standar operasi dan prosedur yang berlaku,” tambahnya.

Baca Juga: Klarifikasi TNI: Akan Bangun 22 Kodam Baru di Seluruh Indonesia Termasuk IKN, Bukan 37

Di tempat terpisah, Pangkoarmada III Laksamana Muda Hersan menyampaikan latihan ini sebagai persiapan pelaksanaan operasi Trisila 2024 yang akan dilaksanakan pada beberapa waktu mendatang.

“Latihan (harus) dilaksanakan secara serius, agar hasilnya maksimal. Semoga latihan dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar serta utamakan keselamatan selama kegiatan,” pungkasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER