Sabtu, 20 April 2024

78 Anggota Paskibraka HUT ke-78 RI Ikut Pembekalan Kemaritiman TNI AL

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 78 anggota Paskibraka Nasional dari 38 provinsi di seluruh Indonesia, berkumpul dan onboard di atas KRI Banda Aceh-593 yang tengah sandar di dermaga Kolinlamil, Jakarta, Senin (21/8).

Ternyata, para anggota pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, pada HUT ke-78 RI ini mengikuti kampanye kemaritiman dalam rangka sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL, setelah nantinya lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA).

Para remaja paskibraka yang nampak gagah dengan postur tegap, dibalut seragam serba putih dan dilengkapi peci hitam, nampak antusias saat menerima sejumlah pembekalan di atas kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) itu.

Baca Juga: Gelar Pertemuan, KSAU Indonesia dan Malaysia Bahas Upaya Peningkatan Kerja Sama Pertahanan TNI AU-RMAF

Mereka terlihat menyimak satu per satu materi pembekalan yang diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), pengenalan profil TNI AL oleh Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Lapetal).

Paskibraka Nasional
Para anggota Paskibraka Nasional dari perwakilan daerah Papua saat mengikuti sosialisasi kebaharian. (IDM/Faisal Ramadhan)

Tak hanya itu, ke-78 anggota paskibraka juga diajak tour ship KRI Banda Aceh-593 untuk pengenalan kapal perang serta diberi tahu berbagai kelengkapan dan pakaian TNI AL, mulai dari jenis seragam hingga peralatan tempur satuan yang digunakan oleh prajurit.

Pada kesempatan tersebut, salah satu anggota paskibraka perwakilan Sumatra Selatan, Bintang Wirasatya RA (16), mengaku jadi tertarik untuk menjadi prajurit angkatan laut, dikarenakan dirinya bisa berkeliling Indonesia hingga dunia ketika nantinya menjadi Korps Pelaut.

Baca Juga: KSAD Urai Makna Perwira di Hadapan Perwira Remaja

“Saya ingin menjadi angkatan laut, karena bisa berkeliling dan menjaga NKRI,” kata Bintang yang merupakan siswa SMAN 1 Palembang.

Paskibraka Nasional
Bintang Wirasatya, salah satu anggota Paskibraka Nasional dari Sumatra Selatan. (IDM/Faisal Ramadhan)

Bintang juga mengaku sangat senang bisa pertama kali memasuki kapal perang dan bertemu para jenderal TNI AL yang ia kagumi. “Saya bercita-cita masuk Akademi Angkatan Laut (AAL) agar bisa menjadi jenderal juga,” ucapnya.

Sementara itu, anggota paskibraka lainnya dari perwakilan Banten, Naila Aulita Alqubra Sinapoy (16) juga mengungkapkan ketertarikannya untuk masuk ke dunia angkatan laut. Menurutnya, menjadi prajurit TNI AL dapat mengeksplorasi semua wawasan di Indonesia.

Baca Juga: KSAD Rotasi 7 Pangdam, Ini Nama-namanya

“Saya tertarik dengan angkatan laut, karena tidak hanya mengenali kapal-kapal, tapi juga ada bidang-bidang menarik lainnya, seperti teknik elektro,” tutur siswi dari British School Jakarta ini.

Sebelumnya, Pangkolinlamil Laksda TNI Edwin membuka pemaparan pertama dalam kegiatan kampanye kemaritiman tersebut. Hadir pula di antaranya Aspers KSAL Laksda TNI Rahmad Wahyudi, Kadisminpersal Laksma TNI Ashari Alamsyah, Kadispenal Laksma TNI I Made Wira Hady AW, dan Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER