Kamis, 22 Februari 2024

TNI Bangun Dua Markas Satuan Baru di Perbatasan Kalimantan Barat

BACA JUGA

Bengkayang, IDM – Dua Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) baru dijajaran Kodam XII/Tanjungpura resmi beroperasi hari ini, Selasa, (28/11/2023). Hal ini ditandai dengan peresmian yang dilakukan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan Senin, (27/11) kemarin yang dilaksanakan di dua tempat yang terpisah yakni Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Landak.

Kegiatan Panglima Kodam Xll diawali dengan meresmikan Kodim 1209/Bengkayang, selanjutnya Pangdam bertolak menuju ke Kabupaten Landak untuk meresmikan Kodim 1210/Landak.

Baca Juga: Prajurit 433/Julu Siri Ciptaan Bioskop Sejarah untuk Anak-anak Papua

Kedua satuan kewilayahan ini secara resmi telah dioperasionalkan sebagai Kodim baru dijajaran Kodam Xll Tanjungpura yang dipimpin oleh Letkol Inf Albertinus Mariano sebagai Komandan Kodim 1209/Bengkayang dan Letkol Inf Hudallah sebagai Komandan Kodim 1210/Landak.

Dalam amanatnya, Pangdam XII/Tpr mengatakan pembentukan Kodim di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Landak merupakan kebutuhan organisasi yang strategis dalam rangka gelar kekuatan Satkowil di wilayah Kalimantan Barat.

Disamping untuk memudahkan koordinasi pada tingkat Kabupaten juga untuk pemerataan pembangunan wilayah, sekaligus penyiapan daerah pangkal perlawanan dalam sistem pertahanan Korem 121/Abw selaku sub Kompartemen strategis.

Baca Juga: Panglima TNI dan Kapolri Lantik 1.234 Prajurit Akademi TNI dan Bhayangkara

“Kepada Dandim, beserta seluruh anggota di satuan manfaatkan dan pelihara sarana dan prasarana yang ada serta selalu jalin hubungan yang harmonis dengan seluruh lapisan masyarakat, agar kemanunggalan TNI dengan Rakyat tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

“Jadilah kalian Patriot Pembela Rakyat sejati, yang selalu menghormati adat istiadat dan kearifan lokal serta selalu menjadi solusi dalam mengatasi setiap kesulitan yang dialami oleh masyarakat sekitar. Jaga kehormatan diri, keluarga dan satuan dimana kita berada,” tambahnya. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER