Kamis, 22 Februari 2024

Prajurit 433/Julu Siri Ciptaan Bioskop Sejarah untuk Anak-anak Papua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit dari Satuan Tugas Yonif 433/JS di Pos Mbua membuat bioskop sejarah untuk anak-anak Papua bernama Cinema 433 Julu Siri.

Mayor Inf Alfredi Rumanjaya, Wakil Komandan Satuan Tugas Yonif PR 433/JS dan Komandan Pos Mbua mengatakan ini adalah sebuah inisiatif yang merupakan contoh inovatif dari penggunaan ruang terbengkalai untuk menciptakan pusat hiburan yang menyediakan pengalaman menonton film yang setara dengan bioskop di kota besar. Khususnya di daerah yang terbatas akses hiburan dan informasi akibat keterbatasan Internet dan listrik.

Baca Juga: 600 Prajurit Buaya Putih Selesai Latihan Persiapan Pratugas untuk Dikirim ke Papua

“Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi dan meningkatkan wawasan, terutama di kalangan generasi muda, serta mencegah pengaruh negatif dari kelompok-kelompok tertentu yang mungkin mencari simpatisan di komunitas lokal. Kegiatan ini diselenggarakan secara rutin, terutama pada hari libur sekolah (Sabtu-Minggu), memberikan hiburan sekaligus wawasan melalui film dan video yang disajikan,” kata Alfredi.

Bioskop sejarah
(Foto: Penerangan 433/Julu Siri)

Film dan video yang ditayangkan di Cinema 433 khususnya berfokus pada tema pendidikan, nasionalisme, dan cinta tanah air. Materi ini meliputi cara hidup sehat, sejarah perjuangan Indonesia dengan fokus khusus pada Papua, edukasi kesehatan masyarakat, serta berita terkini baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Korps Marinir TNI AL dan AS Terlibat Pertempuran Jarak Dekat di Sukabumi

Respon masyarakat terhadap Cinema 433 sangat antusias, dengan partisipasi beragam lapisan masyarakat dari anak-anak hingga orang tua. Ekina Humangge, seorang anak yang tinggal dekat Pos Satgas, menyatakan kegembiraannya, “Kami sangat suka nonton film, ini jadi hiburan untuk kami.”

Keberhasilan Cinema 433 dalam menyajikan hiburan sekaligus pendidikan menjadikannya model yang berharga untuk inisiatif serupa di wilayah lain. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER