Minggu, 21 April 2024

TNI AU Hentikan Sementara Operasional Seluruh Pesawat Super Tucano

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AU menghentikan sementara operasional seluruh pesawat Super Tucano. Langkah tersebut diambil matra udara usai dua pesawat jatuh di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11).

“Sementara pesawat Tucano tidak akan diterbangkan sampai data awal (kecelakaan),” ujar Kadispenau, Marsma TNI Agung Sasongkojati di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (17/11).

Ia menjelaskan kecelakaan tersebut kini tengah memasuki fase investasigasi. Agung mengatakan per pagi tadi, Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja (Puslaiklambangja) telah menggapai pesawat yang jatuh.

Baca Juga: Kadispenau Beberkan Kronologi Sebelum 2 Super Tucano Jatuh di Pasuruan

“Puslaiklambangja TNI AU bersama tim dari skadron teknik di Lanud Abdulrachman Saleh telah berhasil mencapai kedua pesawat yang mengalami kecelakaan,” tutur Agung.

“Mereka telah mendapatkan beberapa data dan berhasil merekam informasi dan mencatat apa-apa yang terjadi di sana,” sambung dia.

Agung pun menjelaskan bahwa secara tingkat kesiapan, kondisi Super Tucano milik TNI AU terbilang cukup tinggi. Ia memastikan alutsista tersebut terawat dengan baik.

“Pesawat cukup baik dirawat, suku cadangnya cukup baik sehingga tidak ada masalah. Pesawat ini andal, mumpuni, dan diandalkan di setiap misi,” jelas dia.

Baca Juga: Belasan Kapal Perang TNI AL Tembakan Artileri ke Sasaran Pulau Gundul

Sebanyak dua pesawat Super Tucano sebelumnya jatuh di lereng Gunung Bromo, daerah Keduwung, Pasuruan, Jawa Timur. Kecelakaan pesawat asal Skadron Udara 21, Lanud Abdulrachman Saleh itu membuat empat perwira TNI AU gugur.

Keempat perwira tersebut adalah Marsma (Anumerta) Subhan, Marsma (Anumerta) Widiono, Kolonel Pnb (Anumerta) Sandhra Gunawan telah disemayamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Malang.

“Di TMP Madiun, dimakamkan Letkol Pnb Anumerta Yuda Seta. Dimakamkan di Madiun karena memang keluarga menghendaki,” jelas Agung. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER