Senin, 15 April 2024

Belasan Kapal Perang TNI AL Tembakan Artileri ke Sasaran Pulau Gundul

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Belasan kapal perang kombatan TNI AL menembakkan artilerinya ke Pulau Gundul sebagai target dan sasaran udara berupa drone dalam di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (17/11).

Dikutip dari keterangan Dispenal, penembakan tersebut ialah bagian kompetisi Artileri Jajaran Udara jajaran Koarmada RI untuk meningkatkan kemampuan unsur dalam taktik pertempuran anti-kapal permukaan dan udara.

Kompetisi ini disaksikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali dari atas KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang berlayar di sekitar Pulau Gundul, Utara Semarang.

Koarmada RI
(Foto: Dok. Dispenal)

Baca Juga: Profil Kolonel Inf Irfan Amir, Komandan Grup-1 Kopassus yang Baru

Selain kapal perang kombatan, sejumlah jenis unsur seperti kapal angkut personel, kapal amfibi seeta unsur udara TNI AL juga terlibat dalam kompetisi artileri yang termasuk rangkaian dari latihan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) tingkat III ini.

Pelaksanaan Glagaspur bertujuan meningkatkan kemampuan taktis di bidang peperangan elektronika, anti-kapal permukaan, anti-kapal selam, peperangan pertahanan udara, dan operasi pendaratan amfibi.

Koarmada RI
(Foto: Dok. Dispenal)

Kemudian, juga untuk meningkatkan kerjasama taktis antar unsur dalam melaksanakan operasi tempur laut, dan meningkatkan kemampuan unsur dalam taktik pertempuran.

Baca Juga: Kadispenau Beberkan Kronologi Sebelum 2 Super Tucano Jatuh di Pasuruan

Pada tahap manuver lapangan, selain melaksanakan Kompetisi Artileri di Pulau Gundul, dalam serial latihan ini juga akan dilaksanakan pendaratan amfibi di Pantai Banongan, Jawa Timur oleh pasukan Korps Marinir, pada Sabtu (18/11) besok.

“Modernisasi dan pemeliharaan serta perawatan alutsista harus memiliki hasil nyata, yakni alutsista yang siap dioperasionalkan dan siap digelar sesuai kebutuhan operasi,” ujar Ali. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER