Selasa, 25 Juni 2024

TNI AL Perbanyak Klaster Pertahanan Kampung Bahari Nusantara di Perbatasan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, mengungkapkan TNI AL akan membangun klaster pertahanan di beberapa wilayah perbatasan dengan negara-negara tetangga.

Pembangunan itu, kata Ali, termasuk dalam program membangun Kampung Bahari Nusantara (KBN).

“Untuk saat ini memang Kampung Bahari Nusantara ini baru ada 68, ini juga dari pangkalan-pangkalan TNI AL yang kelas A dan kelas B,” kata Ali di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Senin, (15/5).

Baca Juga: Jadi Ketua FASI Sumsel, Danlanud SMH Hadiri Musyawarah Nasional 2023

Nantinya, klaster pertahanan diutamakan dibangun di pulau-pulau terluar yang berbatasan dengan negara-negara tetangga. “Mengapa itu penting karena itu terkait dengan pertahanan wilayah kedaulatan,” tegas Ali.

Kampung Bahari Nusantara
Gerbang masuk Kampung Bahari Nusantara Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. (IDM/Septo Kun Wijaya)

TNI AL akan membina para penduduk yang tinggal di wilayah perbatasan. Selain itu, melatih sikap siaga yang berkaitan dengan kedaulatan dan penegakan hukum. Contohnya, dalam melaporkan hal-hal terkait kegiatan ilegal.

“Jadi, masyarakat tahu bagaimana wilayah negara batas-batasnya seperti apa, dan melaporkan apabila terjadi hal-hal yang terkait dengan kegiatan ilegal terutama yang melanggar kedaulatan,” kata Ali.

Baca Juga: Hadiri Final Planning Conference, TNI AU Siap Ikuti Latgabma Super Garuda Shield 2023

Sementara itu di pulau-pulau yang tak berpenghuni, ia mengaku TNI AL menampatkan pasukan Marinir untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI. “Ini juga untuk menjaga kedaulatan wilayah terutama di perbatasan,” kata Ali.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin turut hadir dalam acara peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak sejumlah 68 KBN di Satuan Komando Wilayah (Satkowil) TNI AL. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER