Jumat, 19 April 2024

TNI AL Miliki Dua Kapal Penyapu Ranjau dari Jerman, Ini Spesifikasinya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL resmi memiliki dua unit kapal penyapu ranjau berjenis Mine Counter Meassure Vessel (MCMV), yakni KRI Pulau Fani-737 dan KRI Pulau Fanildo-372.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Senin (29/5), kedua kapal tersebut diresmikan setelah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, memimpin acara delivery di Abeking & Resmussen, Lamwerder-Bremen, Jerman, Jumat (26/5).

Tujuan dari pengadaan kedua KRI tersebut tak lepas karena masih banyaknya potensi bahaya ranjau laut peninggalan perang dunia II di perairan Indonesia. Selain itu, juga karena dinamisnya perkembangan teknologi persenjataan ranjau saat ini.

Baca Juga: Angkatan Laut Turki Luncurkan Kapal Selam AIP Kelas Reis Kedua

KRI Pulau Fani-737 dan Pulau Fanildo-372 mempunyai beberapa kecanggihan karena dilengkapi dengan teknologi peperangan ranjau modern dibandingkan kapal buru ranjau yang ada saat ini.

kapal penyapu ranjau
Indonesia menerima dua kapal penyapu ranjau dari Galangan Abeking & Resmussen. (Foto: Dok. Dispenal)

Kedua kapal menggunakan bahan baja non-magnetik serta memiliki degaussing system dan dilengkapi penggerak motor elektrik untuk mengurangi kemagnetan kapal serta tingkat kebisingan.

Memiliki dimensi lebih besar dengan panjang 61,4 meter dan lebar 11,1 meter, kedua kapal juga didukung peralatan sonar terbaru yang mampu mendeteksi dan mengklasifikasi kontak bawah air serta memiliki Remotely Operated Vehicle (ROV) untuk mengidentifikasi dan menetralisir ranjau.

Baca Juga: Havelsan Turki Akan Lengkapi Fregat “Merah Putih” Arrowhead dengan Advent CMS

Keduanya juga dilengkapi Autonomous Underwater Vehicle (AUV) untuk membantu mendeteksi dan mengklasifikasi kontak bawah air dan Unmanned Surface Vessel (USV), yakni kapal tanpa awak untuk pemburuan dan penyapuan ranjau.

Untuk kesiapan pengawak kedua KRI ini, TNI AL bahkan juga telah menyiapkan personel melalui pendidikan dan pelatihan sebagai pengawak KRI untuk mengikuti pelatihan selama 39 hari bertempat di Jerman. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER