Minggu, 26 Mei 2024

Havelsan Turki Akan Lengkapi Fregat “Merah Putih” Arrowhead dengan Advent CMS

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Havelsan bakal melengkapi kapal perang fregat “Merah Putih” Arrowhead 140 dengan sistem manajemen pertempuran atau combat management system (Advent CMS).

Dilansir dari Janes.com, Sabtu (27/5), hal tersebut diungkapkan perusahaan perangkat lunak dan teknologi sistem informasi asal Turki itu saat di pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023, Malaysia.

Pemotongan plat baja pembangunan unit perdana fregat “Merah Putih” Arrowhead 140 pesanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) di PT PAL Indonesia telah dimulai pada Desember 2022.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Perbedaan Senapan Serbu AK-47 dan AK-74

Selain fregat Arrowhead 140, Advent CMS juga akan melengkapi kapal patroli lepas pantai (OPV) sepanjang 90 m yang sedang dibangun di PT Daya Radar Utama dan kapal cepat rudal KCR-60M yang dibangun oleh PT Tesco Indomaritim.

Perusahaan pertahanan asal Inggris, Babcock, menandatangani perjanjian lisensi desain dengan PT PAL pada September 2021 yang mendukung pembangunan dua kapal perang fregat “Merah Putih” Arrowhead 140 di Surabaya.

Pembuatan Arrowhead 140 berdasarkan pada desain fregat kelas Iver Huitfeldt yang sebelumnya dikembangkan untuk Angkatan Laut Kerajaan Denmark. Proyek ini pun kemudian diberi merek lokal sebagai program “Merah Putih”.

Baca Juga: Angkatan Laut Turki Luncurkan Kapal Selam AIP Kelas Reis Kedua

Sejumlah sistem persenjataan diusulkan untuk memenuhi kebutuhan kapal perang fregat “Merah Putih” Arrowhead 140, meliputi sistem peluncuran vertikal 12 sel (VLS) untuk rudal permukaan-ke-udara jarak menengah (SAM).

Lalu, VLS terpisah 12 sel untuk SAM jarak jauh, VLS 16 sel untuk rudal permukaan-ke-permukaan, dua meriam laut 76 mm, dan sistem senjata jarak dekat 35 mm (CIWS). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER