Senin, 26 Februari 2024

Tertarik Modernisasi Militer Indonesia, Ceko Lakukan Pembaruan Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala, mengaku pihaknya tertarik memodernisasi pasukan militer Indonesia.

“Indonesia adalah mitra kuat Ceko dalam bidang pertahanan dan keamanan,” ungkap Fiala dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden RI, Rabu (19/4).

Terlebih, kata Fiala, perusahaan dari Ceko telah mengirimlan sejumlah produk pertahanan untuk Indonesia, salah satunya adalah pesawat penumpang L-410 NG bertenaga baling-baling.

Baca Juga: TNI AD Berangkatkan 1.638 Keluarga Mabesad Mudik Bersama ke Jawa

“Saya senang kami telah memiliki joint venture dan kerja sama teknis,” kata dia.

Ia mengungkapkan, pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, menghasilkan penandatanganan Letter of Intent, di antaranya pembaruan perjanjian kerja sama pertahanan dan Memorandum of Understanding (MoU) universitas pertahanan kedua negara dalam aktivitas kerja sama pendidikan.

“Saya harap kita dapat terus bekerja sama di bidang keamanan, pertahanan, dan pertahanan siber,” ujar Fiala.

Baca Juga: Mudik Bersama, KSAU Lepas Keberangkatan Ratusan Prajurit TNI AU dan PNS Mabesau

Sebelumnya, kunjungan perdana pemerintahan Ceko ke Indonesia ini adalah tindak lanjut dari pertemuan bilateral yang dilakukan Fiala bersama Jokowi di Brussels, Belgia, pada 14 Desember 2022 lau.

Saat itu, kedua kepala negara membahas sejumlah isu kerja sama di bidang ekonomi, pertahanan dan industri strategis serta kawasan Indo-Pasifik. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER

Jenderal Asal Timor Leste Jadi Danrem 161/Wira Sakti

Daftar Lengkap 33 Pati TNI AD yang Dirotasi dan Mutasi

Daftar Lengkap 20 Pati TNI AD yang Naik Pangkat