Sabtu, 15 Juni 2024

Selesaikan Misi Kemanusiaan, TNI AU Berhasil Mengevakuasi 344 WNI dan 15 WNA dari Sudan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) berhasil menyelesaikan misi evakuasi terhadap 344 warga negara Indonesia (WNI) dan 15 warga negara asing (WNA) keluar dari Sudan.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam konferensi pers usai menyambut kedatangan 75 WNI di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (1/5).

“WNI yang kami bawa khususnya oleh pesawat TNI AU sejumlah 344 dan juga ada 15 WNA,” ungkap KSAU.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya Pangdam Jaya Kumpulkan 1700 Prajurit Secara Serentak, Ada Apa?

Ratusan WNI dan belasan WNA tersebut berhasil dibawa keluar dari Sudan dalam 4 kali penerbangan dengan menggunakan pesawat Boeing-737 melalui rute Port Sudan menuju Jeddah Arab Saudi.

evakuasi
WNI yang berhasil dievakuasi dari Sudan dengan pesawat Boeing-737 milik TNI AU dan tiba di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (IDM/Septo Kun Wijaya)

“Total (penerbangan) yang sudah kami laksanakan dari TNI AU sebanyak 4 penerbangan, melalui Port Sudan menuju Jeddah, bolak balik,” jelas Fadjar.

Langkah evakuasi ini dilakukan sebagai imbas dari konflik bersenjata yang terjadi di antara Sudan Armed Forces dan Rapid Support Forces sejak 15 April 2023. Konflik tersebut telah menciptakan instabilitas keamanan dan mengancam keselamatan masyarakat, termasuk para WNI yang berada di sana.

Baca Juga: Begini Cara Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir Cek Kesiapan Operasional

Untuk itu, pemerintah mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) untuk membantu ratusan WNI keluar dari Sudan. Dalam misi kemanusiaan ini, TNI AU dilaporkan mengerahkan pesawat Boeing-737 A-7305 dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan mission commander Kolonel Pnb Noto Castono.

Secara umum, jumlah personel yang tergabung dalam Satgas ini berjumlah 39 orang, termasuk di dalamnya kru pesawat, personel Satbravo-90 Kopasgat, tim kesehatan, psikolog, BAIS TNI, Puspen TNI dan staf Kementerian Luar Negeri (Kemlu). (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER