Sabtu, 25 Mei 2024

Satgas MTF TNI di Lebanon Latihan Antisipasi Peningkatan Konflik Israel-Hamas

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL menggelar latihan kontijensi selama tiga hari, mulai 1-3 November untuk siaga dan waspada terhadap peningkatan konflik bersenjata antara Israel dan Hamas.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Minggu (5/11), latihan ini bertujuan menguji rencana kontijensi serta kesiapsiagaan menghadapi berbagai situasi di Lebanon, termasuk apabila konflik terus meningkat dan terjadi kenaikan status dari red alert menjadi black alert.

Baca Juga: Prabowo Siapkan RS TNI untuk Menerima Pasien dari Palestina

Materi yang dilatihkan terdiri dari pertahanan pangkalan dan udara, lawan sabotase bawah air, pengaturan marshalling area, embarkasi-debarkasi, evakuasi jalur udara, perlindungan WNI, dan force protection.

UNIFIL
(Foto: Dok. Dispenal)

“Apabila situasi memburuk dan perintah penarikan mundur diberikan, maka evakuasi melalui jalur laut ke Cyprus menjadi opsi ketika bandara Rafic Hariri tidak dapat dioperasionalkan dan jalur darat dinyatakan tidak aman,” ujar Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh.

Baca Juga: Kibarkan Bendera di Langit Kertajati, TNI AL Raih Rekor MURI

Sejauh ini terdapat 222 WNI dan 1.229 Kontingan Garuda UNIFIL di Lebanon. Pasukan tetap pada posisi dan on task, terus bekerja melaksanakan tugas yang dimandatkan PBB.

Termasuk membangun gambaran situasi taktis udara dan permukaan sebagai dasar HoM/FC dalam pengambilan keputusan dan berkomunikasi dengan pihak terkait untuk menurunkan tensi dan menghentikan konflik di Area of Responsibility. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER